» » Lezatnya Buah Rambutan asli Subang

TINJAU Subang- Petani rambutan di Kabupaten Subang kini sedang menikmati hasil jerih payahnya. Komoditi andalan Kabupaten Subang itu kini sudah menjejali pasar sejumlah sentra penjualan buah di wilayah Jabotabek, Bandung dan daerah lainnya.
kebanyakan para petani rambutan mengaku bersyukur panen tahun ini. pasalnya, pada periode lalu mereka mengeluahkan serangan ulat yang menghabiskan pohon rambutan di ratusan bahkan ribuan hektare. "Alhamdulillah tahun ini tidak seperti sebelumnya," kata Asep pedagang rambutan di daerah kalijati.

Sebagian mereka, memasarkan Rambautan di pinggir jalan. Mereka memanfaatkan pengguna jalan yang melintas di jalur tersebuat, khususnya rombongan bus yang datang dari jakarta menuju wilayah Ciater.

Sebagian lain, memilaih untuk "membuang" ke pasaran di kota-kota besar. Tarni misalnya, selain membuka warung jongkoak di pinggir jalan, iapun mengirim Rambautan ke daerah Jaboatabek.

Kendatia demikian, sejumalh petani Rambutan berharap ada intervensi dari pemerintah. Selain soal pemasaran, petani juaga berharap pemerintah melakukan inovasi buah rambutan menjadi makanan ringan sejenis keripik. Ini mengingat, daya tahan buah rambutan tidak lebih dari 4 hari sampai sepekan.

"Akan lebih bagus kalau pemerintah melakukan inovasi. Misalnya dibuat jadi kue ringan dan ini bisa dimasukkan ke minimarket-minimarket yang ada di Subang. Samkpai sekarang kjan belum ada, jadi dibuang seperti ini saja," jelas Zaenal. [annas nashrullah]

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama