» » Bahasa Sunda Di Desa Kediri, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Jawa Barat: Kajian Geolinguistik



Perkembangan sosiokultural penuturnya. Bahasa akan terus hidup sepanjang diperlukan penuturnya, yakni berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melaksanakan fungsinya  dengan baik, bahasa akan mengalami perubahan melewati sistem bahasa tersebut. Indikator terjadinya perubahan ini tampak dari munculnya variasi dalam sistem bahasa yang  bersangkutan. Secara universal perubahan lebih produktif dalam bidang leksikon.

Oleh karena itu, perubahan leksikon inilah yang lebih sering terjadi. Fenomena ini pun ditemukan berdasarkan hasil pengamatan terhadap bahasa Sunda di Desa Kediri, Kecamatan Binong,  Kabupaten Subang, Jawa Barat. Perubahan yang memicu munculnya variasi yang dianggap bentuk inovatif terjadi karena dipicu oleh sistem internal bahasa tersebut dan pengaruh bahasa lain. Penelitian ini merupakan kajian geolinguistik dengan pendekatan sinkronis dan diakronis.

Dikisahkan bahwa pada mulanya Desa Kediri adalah sebuah hutan belantara yang tidak berpenghuni. Di sana terdapat sebuah pohon besar yang disebut dengan pohon jati lima. Ini disebabkan jumlah pohon jati lima buah dengan lima daun. Pada tahun 1909  barulah desa ini berpenghuni. Dipercaya oleh penduduk setempat bahwa yang mendirikan  Desa Kediri adalah Raden Darwongso dan Eyang Soemohardjo dibantu istrinya Mbah Saminah.

Disebut Desa Kediri karena mereka, Raden Darwongso dan Eyang Soemohardjo,  adalah orang Kediri, Jawa Timur. Masyarakat Desa Kediri adalah masyarakat pendatang dan  tinggal di berbagai blok, misalnya, Blok Tanjakan ditempati orang-orang pendatang dari Indramayu. Jika dilihat asal-usulnya di atas, jelas mengapa desa itu diberi nama Kediri.

Tahun 1911 desa ini mulai tertata dengan adanya kepala desa. Nama-nama kepala  desa didokumentasikan di Balai Desa Kediri. Ditilik dari nama-nama kepala desa yang  pernah memerintah Desa Kediri lebih banyak nama dari Jawa Tengah/Timur.
Berikut ini  nama-nama kepala desa yang pernah memerintah Desa Kediri:
·        Timin (1911-1914), Sonto (1914-1921), Surodihardjo (1921-1929), Kromo Disastro (1929-1942), Suyadi (1942-1944), Abdul Gani (1944-1968), H. Dahlan (1968-1978), E Sutisno (1978-1982), M. Tatang (1982- 1992), Sunarsa (1992-2000), R. Tasori (2000-2006), Tanari (2006-).

Kepala desa   yang tengah memerintah saat ini pun bernama Tanari. Nama yang tidak begitu umum di masyarakat Jawa Barat. Hal inilah yang menjadikan Desa Kediri, salah satu desa di Kecamatan Binong, Kabupaten Subang menarik. Oleh sebab itu, penelitian kebahasaan yang berkaitan dengan letak geografis menjadi sasaran penelitian ini.

Bahasa Sunda yang dituturkan oleh masyarakat Desa Kediri, Kecamatan Binong,
Kabupaten Subang, Jawa Barat merupakan variasi geografis bahasa Sunda. Bahasa ini lahir dan tumbuh di daerah tersebut sesuai dengan lingkungan geografis dan sosiokultural  penuturnya. Sebagai variasi geografis bahasa Sunda, sistem variasi ini tidak jauh berbeda  dengan sistem variasi geografis bahasa Sunda lainnya di Jawa Barat. Hal ini tampak dari  sistem fonologi dan leksikon umumnya yang sama. 

Akan tetapi, situasi kebahasan di Desa Kediri tidak sama dengan situasi kebahasaan  di daerah lain. Sebagai variasi geografis, bahasa Sunda di desa ini jauh dari pusat  penggunaan bahasa Sunda baku, yakni Bandung. Di samping itu, variasi tersebut ada di  wilayah pantai utara (pantura), tempat tumbuhnya bahasa Jawa yang khas. Tidaklah  mengherankan apabila bahasa Jawa yang ada di daerah ini ikut memengaruhi perkembangan bahasa Sunda tersebut akibat terjadinya kontak di antara dua bahasa. Masyarakat Desa Kediri umumnya merupakan masyarakat dwibahasa atau bilingual Sunda-Jawa.

Hal-hal ini menjadi faktor internal dan eksternal perkembangan bahasa Sunda tersebut dan kini wujudnya dapat diamati. Tulisan ini mencoba mengungkapkan sebagian kecil fakta lingual bahasa Sunda tersebut dengan pendekatan geolingusitik atau geogragi dialek.
(Pemda Subang)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama