PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Sungai Cilamaya Subang Saksi Bisu Pembantian Korban G 30 S PKI

Sungai Cilamaya Girang merupakan sebuah sungai tua yang terbentuk secara alami oleh aliran air yang berhulu dari dataran tinggi pegunungan di Purwakarta yang turun ke dataran rendah di pesisir Pantura, pada mulanya lebar sungai Cilamaya tidak terlalu lebar seperti sekarang, namun karena di dataran tinggi sering hujan yang menyebabkan erosi sehingga sungai Cilamaya dari tahun ke tahun mengalami pelebaran. Sungai yang menjadi pembatas dua Kabupaten Subang dan Karawang jika musim hujan sering banjir dan jika musim kemarau menjadi pembuangan limbah pabrik dari kawasan industri Cikampek, Karawang dan Purwakarta ini menyimpan sejarah kelam pembantaian korban G 30 S PKI.

Saksi sejarah di Cilamaya Girang yang sekarang sudah berumur di atas 70 tahun menuturkan bagaimana pembantaian orang-orang yang dianggap simpatisan PKI yang ditumpas serta dibunuh dan dibuang pada tahun 60-an di sungai Cilamaya Girang masih melekat di ingatan warga Cilamaya, puluhan mayat tanpa kepala mengambang di sungai Cilamaya menjadi pemandangan sehari-hari kala itu, ketakutan warga semakin mencekam jika malam tiba dimana pembuangan mayat dilakukan oleh orang yang tidak dikenal menggunakan mobil jeep yang menandakan bahwa keesokan harinya akan ada mayat mengambang di sungai Cilamaya.

Selain menjadi tempat pembuangan mayat korban G 30 S PKI sungai Cilamaya juga menjadi tempat pembuangan korban PETRUS (Penembakan Misterius) pada tahun 80-an, dimana orang yang dianggap mengganggu kamanan ditembak dan dibuang oleh orang misterius. Namun menurut penuturan saksi sejarah di Cilamaya Girang korban terbanyak adalah dari korban yang dianggap anggota PKI yang dibunuh dan dibuang di Sungai Cilamaya pada tahun 60-an.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama