» » Aher : Pemanfaatan Alam Harus Seimbang dan Berkala

Aher saat memberikan sambutan tentang lingkungan. Foto ADE/Targetabloid.co.id
Agar kondisi alam di Jawa Barat bisa terus terjaga dan tetap lestari, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menghimbau agar masyarakat bisa bijak memanfaatkan alam yang harus dijaga keseimbangannnya dan dirawat secara berkala. Jika pemanfaatn alam itu dilakukan dengan seimbang dan berkala maka bencana banjir dan tanah longsor di Provinsi Jawa Barat bisa dihindari.
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, agar alam bisa terjaga kelestariannya, maka pemanfaatannya harus seimbang dan berkala.

“Kita boleh memanfaatkan hasil alam tetapi jangan merusak, pertambangan liar contoh perusakan alam yang terjadi. Usaha pertambangan bisa dilakukan tanpa merusak lingkungan dengan pola berkala,” kata Ahmad Heryawan dalam acara Pengukuhan Satgas Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Selasa (20/01/2015).

Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan menambahkan, jika pengelolaan pertambangan dan penebangan kayu di hutan dilakukan secara berkala maka kondisi alam Jawa Barat akan senantiasa terjaga, namun kenyataannya banyak pengusaha berbisnis hasil tambang dan kayu tanpa melakukan secara berkala, dan malah merusak alam, baik sungai ataupun hutan.

“Penebangan pohon yang dilakukan secara berkala, tidak akan menyebabkan tanah longsor, soalnya begitu ada pohon yang ditebang ada juga pohon yang di tanam, penebangan kembali boleh dilakukan selama 10 sampai 30 tahun ke depan, dengan maksud menjaga hutan tetap lestari. Alam itu butuh waktu 30 tahun untuk memperbaiki diri, seperti di lahan pertambangan, seharusnya begitu beres proyek daerah itu dihijaukan kembali, bukan malah ditinggal dan mencari tempat baru, ini yang sangat merusak lingkungan,” tambahnya.

Dengan adanya Satgas Penegakan Hukum Lingkungan, diharapkan perusakan lingkungan di Jawa Barat bisa terus ditekan, satgas ini melibatkan unsur dari Pemprov Jawa Barat, Polda Jabar, Kejati Jabar, dan elemen LSM peduli lingkungan. Acara pengukuhan satgas lingkungan dihadiri beberapa Kepala Daerah seperti : Wali kota Bandung, Ridwan Kamil, Wali kota Cimahi, Atty Suharti, Bupati Indramayu, Anna Sophana, Bupati Bandung, Dadang M. Naser, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Bupati Sumedang, Ade Irawan, Bupati Sukabumi, Sukmawijaya, dan beberapa kepala daerah lainnya. (Red/ADE)

About Unknown

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama