» » Dilarang Ada Miras di Hajatan

Awal Februari mendatang Perda minuman keras (Miras) ditargetkan sudah bisa ditetapkan melalui rapat paripurna. Panitia khusus (Pansus) miras DPRD mengklaim Perda Miras kali ini tidak akan bertentangan dengan perauturan dari pemerintah pusat. Sehingga kemungkinan tidak akan digugurkan oleh Mahkamah Agung (MA) seperti Perda Miras sebelumnya.Ada yang menarik dari Perda Miras saat ini.

Peredaran Miras dibatasi bahkan hingga sampai pada level hajatan di masyarakat. Selain itu, perizinan untuk berjualan Miras dijamin akan lebih sulit. Bagi pengusaha yang sudah berjualan seperti hotel berbintang dan restoran khusus, juga diwajibkan untuk melaporkan penjualan setiap tiga bulan. Jika tidak, maka izin penjualan dicabut. Sanksi lainnya, pelaku bisa dikenakan kurungan penjara hingga tiga bulan dan denda maksimal Rp50 juta.

Dede berharap, Perda Miras saat ini jika sudah ditetapkan dapat ditegakkan. Ia pun menjamin, Perda Miras saat ini tidak akan bertentangan dengan peraturan di atasnya. Dalam judulnya pun kini menjadi Perda Pengendalian dan Peredaran Miras, bukan lagi pelarangan seperti sebelumnya.

Hal ini pun kata Dede, sudah dikonsultasikan dengan tokoh agama dan masyarakat. Memang menurut dia, tokoh agama mengingatkan bahwa miras tetap diharamkan dalam agama. Tetapi semua sepakat bahwa aturan mengacu kepada Undang-Undang Dasar yang menjadi acuan Perda dan untuk kepentingan bersama.Dalam pelaksanaanya, Perda Miras ini akan diawasi oleh Satpol PP dan secara perizinan akan dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan.

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Subang KH Musyfik Amrullah Lc Msi menyatakan mendukung agar Perda miras segera ditetapkan. Sebab menurutnya, Perda Miras sangat mendesak agar penjualan miras tidak marak.Ia pun mengimbau umat Islam agar total menjauhi miras. “NU Subang sangat mendukung Perda Miras kembali di-Perda-kan. Perda tersebut sangat mendesak. Agar setelah adanya Perda Miras tidak ada lagi penjualan-penjualan minuman beralkohol.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama