» » Motif Batik Bejana Perunggu Subang jadi Batik Fenomenal di Indonesia

Wacana pembuatan batik dari motif benda purbakala, Bejana Perunggu mendekati kenyataan. Motif batik sejarah ini akan menjadi produk batik motif sejarah fenomenal di Indonesia.

Sejarawan Balai Arkeologi Bandung Lutfi Yondri mengatakan bejana perunggu memiliki nilai sejarah. Dalam bejana perunggu dengan tinggi 90 cm x 60 cm itu terdapat relief Sulura yang diartikan sebagai hubungan keseimbangan antara atas dan bawah; Tumpal dimaknai sebagai lambang kesuburan dan hewan adalah kehidupan. 

Lutfi dalam diskusi Corak Artefak Purba untuk Motif Batik Subang mengatakan, batik motif bejana perunggu itu tidak hanya kreasi tapi memiliki nilai sejarah tinggi. Bejana perunggu itu merupakan peninggalan jaman perundagian, suatu kelompok masyarakat telah mempunyai keahlian satu jenis pekerjaan. Pada jaman itu selain visa membuat peralatan dari logam, mereka juga membuat perhiasan pada benda yang dibuatnya.

Bejana perunggu itu ditemukan pada Oktober 2007 di Kampung Desa Cintamekar, Kecamatan Serangpanjang, Subang oleh seorang warga, Maman. Keunikan dari bejana perunggu dengan tinggi 90 cm x 60 cm itu, pada bagian badannya terdapat motif yang indah.

Inspirator Diksusi seklaigus pegiat BHudaya Subang Nandang Kusnadar menyatakan, tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pembuatan motif batik yang melibatkan warga Subang dan mendorong dilakukan pembahasan Perda untuk melindungi hak cipta dan karya Subang.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama