PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Penjaga TPU Kebingungan Mencari Kerangka Yang Hilang

Penjaga Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikaranginang, di Kampung Sukawarna Kelurahan Cigadung Kecamatan/Kabupaten Subang, Ujang Supardi kini tengah dilanda kebingungan. Pasalnya, sudah sepekan ia belum menemukan mencari kerangka yang hilang terbawa hanyut pasca ambrolnya lahan pemakaman di dekat aliran anak Sungai Cigadung hingga, Jumat (6/2/2015). 

Ketika itu, bagian lahan pemakaman yang ambrol luasnya sekitar 100 meter x 20 meter, akibat bagian bawahnya tergerus aliran air ketika curah hujan tinggi. Akibat kejadian itu, ada 23 makam hilang dan tulang kerangka "penghuni" nya terbawa arus aliran sungai. Dari 23 kerangka hilang itu, baru enam yang sudah ditemukan. 

Dua di antaranya paling awal ditemukan tepat didasar aliran sungai, dibagian tanah yang ambruk. Sedangkan empat lagi ditemukan di aliran sungai tak jauh dari lokasi kejadian. Semua kerangka yang telah ditemukan sudah dimakamkan lagi ditempat yang aman.

"Jadi 17 kerangka lagi belum kami temukan. Pencarian sudah dilakukan termasuk menyusur aliran sungai, tapi belum ada titik terang. Soalnya debit air sungai masih tinggi, dan kemungkinan tertutup lumpur," katanya.
Dia memastikan "penghuni" makam yang hilang itu bentuknya sudah tulang belulang. Sebab makam yang berada dilokasi tanah ambruk itu sudah lama, dan sepertinya pihak keluarga juga sudah jarang yang datang. 

Ujang mengatakan, TPU Cikaranginang luasnya mencapai empat hektar, dan sudah padat. Usianya sudah cukup tua karena dari padung pemakaman ada yang tertulis tahun 1834. "Ambruknya lahan pemakaman terjadi pada saat hujan deras, Jumat (30/1/2015) lalu.

Penyebabnya diduga karena tanah bagian bawah pemakaman tergerus air anak sungai Cigadung. Dia berharap kepada Pemkab Subang bisa membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di areal aliran sungai supaya lahan pemakaman yang ambruk tidak meluas.

Sementara Kepala Dinas Tata Ruang, Pemukiman dan kebersihan Subang, Sumasna, mengatakan sudah menerima usulan warga untuk penataan dan pembangunan TPT di TPU Cikaranginan. Namun belum bisa direalisasikan karena waktu pengajuannya pada saat tahun anggaran sudah berjalan.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama