» » Cara Membentuk Sifat Optimis Anak

MENJADIKAN anak untuk berpikiran selalu optimis sebenarnya tidak sulit. Mereka hanya perlu mencontohkan perilaku positif orangtua.
 
Berpikir positif membawa dampak baik bagi semua hal, baik itu kesehatan, pikiran, kehidupan sosial, dan perkembangan mental anak. Berpikir positif membuat anak menjadi optimistis dan membantu menangkal depresi.
 
Mengutip dari Sheknows, Kamis (30/4/2015), berikut ini adalah tips membantu anak agar selalu optimistis.
 
Mulai dari diri sendiri
Anak-anak yang besar di lingkungan keluarga depresi atau negatif akan melihat dunia dari kaca mata negatif. Jika Anda melihat diri sendiri cenderung seperti itu, mulailah mengubah sikap. Sebab, orangtua merupakan role model bagi anak.

Mencontoh anak-anak
Sikap optimistis tidak datang tiba-tiba. Apabila Anda adalah pribadi yang pesimistis, maka orangtua perlu mencontoh sikap anak-anak yang tidak pernah berpikir gagal. Apabila anak Anda tipikal yang berani mencoba, jangan patahkan semangat mereka karena sifat pesimistis orangtuanya.

Jaga sikap di hadapan anak
Orangtua memiliki masalah tersendiri dalam hidup, sehingga mereka kerap mengeluh. Cobalah menahan diri untuk tidak mengeluh di depan anak. Secara tidak langsung sikap ini bakal ditiru anak.

Ajarkan anak bicara pada diri sendiri
Menggunakan teknik self-talk dapat membantu mereka mengatasi ketakutan. Apabila anak takut dengan pelajaran matematika, ajari mereka memotivasi diri sendiri. Bantu anak mengatakan, "Aku bisa mengatasi rumitnya soal matematika." Keyakinan diri membuat diri lebih optimis.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama