» » Kampung Senyum, di Ciater Subang

Jika Anda ke Ciater, sesekali sempatkan diri datang ke Kampung Senyum, Ciater Subang. Pemandangan yang indah dan suasananya bikin menenangkan, tidak berlebihan jika obyek wisata ini, menjadi surga tersembunyi di daerah Subang Selatan.

Kampung Senyum ini berada di Kampung Cibareubeuy, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Subang. Rute untuk menuju lokasi itu, Anda bisa masuk melalui jalan wisata air panas Sariater ke arah belakang dengan jarak tempuh maksimal sejam perjalanan.

Sementara untuk tiba di lokasi, wisatawan harus jalan kaki sekitar 2 km melalui jalan setapak pematang sawah dan menyusuri sungai.  Track menuju lokasi, bagi yang baru datang, kadang bikin frustasi dan putus asa. Beruntung pemandangan  sepanjang jalan menuju lokasi Kampung Senyum ini mampu meredam rasa lelah, capek dan panas. 

Pengelola Kampung Senyum Rosid atau akrab disapa Mang Ocid punya alasan menamakan obyek wisatanya itu disebut Kampung Senyum. 

"Mereka kan sudah capek ke sini, jadi sampai sini mereka harus senyum," jelas Mang Ocid sambil tersenyum.

Obyek wisata Kampung Senyum itu dikelola Rosid atau akrab disapa Mang Ocid. Ia mendirikan dan menata Kampung Senyum sejak 2000 lalu seorang diri. Mang Ocid bercerita, muasal Kampung Senyum atas pesan orang tuanya. Saat itu, Mang Ocid diminta untuk kembali ke hutan dan menatanya. 

"Ini jadi obyek wisata alternatif di Subang," kata Mang Ocid.

Yang unik saat tiba di Kampung Senyum, satu orang pengunjung harus memukul kentongan bambu sebanyak 5 kali yang tersedia di pintu gerbang sebelum melintas jembatan bambu. Dalam papan yang dipasang di pintu gerbang itu, dengan memukul kentong, berharap bisa membuka pintu rizki, tentu saja selain untuk isyarat ada wisatawan yang datang.

Di area Kampung Senyum ini tersedia 16 saung khas sunda untuk beristirahat. Suara sautan burung, pancuran air dan aliran air alami yang ada di daerah itu menjadi penyempurna kedamaian dan kenyamaan. 

"Mereka yang datang ke sini gratis, kecuali untuk menginap," kata Mang Ocid.

Untuk melengkapi kedamaian saat berada di Kampung Senyum, disiapkan juga musik khas sunda Cemplung. Mang Ocid tak sungkan memainkan alat musik tradisional itu. Ia juga mengajak wisatawan untuk ikut meainkan, bernyanyi dan menari.

Kekurangan obyek wisata itu pada fasilitas makanan. Mang Ocid mengutarakan, di obyek wisatanya hanya menyediakan Mie Instan, aneka Kopi dan nasi liwet untuk wisatawan jumlah besar. 

"Buat yang datang bawa makanan silakan saja, yang penting kita sama-sama jaga lingkungan dan kebersihan," terangnya.

Sudah banyak yang datang Kampung Senyum ini. Baik dari kalangan pejabat, mahasiswa, komunitas fotograper atau lainnya, dan tokoh publik, seperti Pelatih bola beken Rakhmad Darmawan dan Risma D2. 

Mereka yang datang, tidak hanya dari daerah Jabar, tapi datang dari Kalimantan, Sulawesi, Manado, Jawa, dan lainnya. Bahkan, kata Mang Ocid, sudah ratusan wisatawan mancanegara datang dan menikmati suasana alam Kampung Senyum, seperti dari wisatawan Malaysia, Polandia, Swedia, Spanyol, Amerika, Belanda, Arab dan negara lainnya.

Yang menarik dari kamung senyum itu, hanya 100 meter dari lokasi itu ada Curug Cibeurebubuey, dengan suasana alam eksotis dan melarukan kepenatan setelah aktivitas rutin.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama