» » Pilkades Digelar di 30 Desa

Inspektorat Daerah (Irda) menyampaikan, Pilkades serentak tahun ini akan digelar di 30 desa tahun ini. Pilkades tersebut akan menggunakan dana dari pemerintah daerah dan dari pemerintah pusat, berdasarkan hasil musyawarah terlebih dahulu.

Sekertaris Irda Deden mengatakan, Pilkades selalu berjalan lancar dan meriah. 

“Itu merupakan hajat rakyat untuk memilih pemimpin desanya sendiri. Selalu berlangsung meriah,” katanya.

Dalam data Irda, desa yang akan menggelar Pilkades yaitu di Kecamatan Cisalak; Desa Pakuhaji, Cupunagara dan Rancamahi, Kecamatan Pagaden; Desa Sumbersari, Kecamatan Pusakanegara; Desa Gempol, Kecamatan Blanakan; Desa Tanjungtiga, Langensari, Rawamekar, Cilamaya Girang, Rawameneng dan Cilamaya Hilir, Kecamatan Tanjungsiang; Desa Gandasoli dan Sindangjaya. Kecamatan Compreng; Desa Kalensari dan Compreng. Sedangkan di Kecamatan Patokbeusi, Pilkades akan digelar di Desa Tanjungrasa, Kecamatan Cibogo; Desa Belendung, Kecamatan Cipunagara; Desa Simpar, Sidajaya, Kecamatan Cijambe; Desa Cimenteng, Kecamatan Cipendeuy; Desa Sawangan, Kecamatan Cikaum; Desa Sindangsari, Kecamatan Serangpanjang; Desa Cijengkol, Kecamatan Sukasari; Desa Sukamaju, Kecamatan Tambakdahan; Desa Bojonegara, Kecamatan Kasomalang; Desa Sukamelang, Kecamatan Dawuan; Desa Margasari, Kecamatan Pagaden Barat; Desa Balingbing, Kecamatan Pusakanagara; Desa Pusakaratu dan di Kecamatan Legonkulon; Desa Karangmulya. 

“Nama-nama calon kades tersebut sudah terdata,” katanya.Dijelakan Deden, Pilkades digelar karena kepala desa sudah habis masa jabatan dan ada diantaranya yang sudah dijabat seorang pejabat sementara (Pjs).“

Kades yang bermasalah pastinya akan ditunjuk Pjs Kades. Baik itu ditunjuk dari desa, ataupun dari kecamatan. Sedangkan untuk Desa Dawuan Kaler yang kepala desanya terkena kasus hukum, juga nantinya akan ditunjuk Pjs langsung oleh bupati,”  ujarnya.
 
Ia menambahkan, Pilkades dilaksanakan setiap 6 tahun sekali berdasarkan masa bakti.Sebelumnya Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan Drs Cecep Supriatin mengatakan, dana untuk Pilkades sudah ditetapkan dalam Perda Desa sekitar Rp40 jutaan.

“Dana untuk Pilkades rata-rata sekitar Rp40 jutaan. Tapi kan tidak akan sama rata, tergantung jumlah pemilih. Dana sebesar itu diperkirakan akan cukup,” kata Cecep. (PE)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama