» » Beras Sintetis Diduga Masuk Indramayu

Beras sintetis yang ramai diperbincangkan, diduga juga masuk wilayah Kabupaten Indramayu. Dugaan tersebut muncul ketika ada salah seorang pedagang beras di Pasar Baru Indramayu, Kecamatan Indramayu, yang ditawari beras yang berbahan dasar plastik tersebut.

Wahyudi (48), pemilik toko beras Alaydrus di Pasar Baru Indramayu, Kamis (21/5/2014), mengaku pernah ditawari produk beras oleh seseorang tak dikenal sepekan silam. Karena kualitasnya yang buruk, Wahyudi pun menolak mentah-mentah penawaran tersebut.

Awalnya, Wahyudi tidak mengira beras yang ditawarkan tersebut adalah beras sintetis. Belakangan, Wahyudi baru menyadari bahwa yang ditawarkan adalah beras sintetis yang ternyata sudah ramai diberitakan dan beredar di daerah lain.

Beras sintetis itu ditawarkan kepada dirinya dalam bentuk kemasan sampel beberapa kilogram. Wahyudi pun tidak sempat berbicara harga lantaran dirinya langsung menolak beras yang diduga sintetis tersebut. 

Orang yang menawarkan beras sintetis itu, kata Wahyudi, bukan pemasok yang biasa menyuplai pedagang-pedagang beras di Pasar Baru Indramayu. Dia meyakini pedagang beras lainnya di Pasar Baru Indramayu pasti menolak tawaran tersebut.

Kekhawatiran pun disampaikan pedagang beras lainnya di Pasar Baru Indramayu, Erawati (35). Dia mengaku khawatir dengan adanya upaya peredaran beras sintetis di Kabupaten Indramayu. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Indramayu Maman Kostaman baru mengetahui isu peredaran beras sintetis di Kabupaten Indramayu. Dengan pengalaman yang ada di Bekasi, pihaknya akan mewaspadai upaya peredaran beras sintetis di Kabupaten Indramayu. 
Untuk langkah awal, Maman akan menginstruksikan 13 kepala pasar daerah se-Kabupaten Indramayu untuk mengecek dan mewaspadai hal itu.

Maman pun mengimbau pedagang dan masyarakat agar berhati-hati saat membeli. Sebelum membeli, harus diperhatikan bentuk/bulir beras. Beras sintetis akan terlihat warna yang tidak wajar dan tidak ada serat. (prlm)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama