» » PENGRAJIN DODOL NANAS ALAM SARI TANPA KIMIA DI KABUPATEN SUBANG



Beliau adalah  Ade Patas  yang berusia (46)  Seorang perintis usaha semenjak tahun 1997 dalam mengelola buah nanas, yang sekarang menjadi ikon Subang.  Awalnya Ade Pantas hanya menggerakan ibu-ibu PKK untuk dapat mengeola buah nanas menjadi sebuah usaha kecil-kecilan. Masyarakat yang rumahnya samping jalan, memasang plang oleh-oleh khas Subang.
Dirinya memilih buah nanas, karena produksi jumlah nanas di Daerahnya ini cukup banyak, sehingga sayang jika tidak dikelola menjadi panganan yang lain.  
Nama usaha produksi yang Ade rintis itu Alam Sari yang bertempat di Desa Tambakmekar Kecamatan Jalancagak. Semenjak tahun 2005, muncul inovasi baru, untuk mengola nanas menjadi jus, kerupuk, coklat dodol yang berisi rujak nanas dan lain-lain.
“Semua itu bahan yang digunakan alami, tanpa pengawet ataupun campuran zat kimia lainnya,”
Sedangkan Hambatan saat memulai membuka usaha pertama kali, yakni modal.  Hanya bermodalkan sebanyak Rp250 ribu, begitu pun dengan pemasarannya. Yang dilakukan Ade hanyalah memasok dodol nanasnya ke beberapa toko.
Dengan tekad dan usaha kerasnya ini tentunya membuahkan hasil yang manis pula, kini usaha nya sudah berkembang, dan label Alam Sari sudah memiliki izin legal sama pemerintah.
Akang Eteh….Yang paling terkenal makanan khas Subang itu, dodol nanas. Bahkan produksinya bisa mencapai 3 ton dalam sebulan. Bahkan olahan nanas ini sudah tersebar dan banyak orang yang diluar kota Subang ini terus berdatangan untuk bisa merasakan lezatnya olahan buah khas Subang ini.
Ini dia prinsip yang dipegang oleh nya sehingga usaha yang dirintis semula kecil menjadi besar yaitu  :
“Tips usaha agar tetap lancar, sebelum memulai usaha kita harus bisa mengusai usaha yang kita jalani. Seperti kalau mau jualan makanan, maka diri sendiri harus bisa dan jangan mengandalkan orang lain. Jangan gengsi, kita harus bisa terjun sendiri untuk melihat dipasaran itu seperti apa,”

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama