» » Musim Kemarau Ancam Kawanan Burung Bangau di Balai Besar Penelitian Padi

Ribuan burung bangau di pulau buatan danau balai besar penelitian padi (BB) padi Sukamandi Subang Jawa Barat terancam, ribuan burung bangau yang mendiami pulau buatan disinyalir akan menghilang seiring musim kemarau yang mengeringkan pulau buatan di BB padi, ratusan ekor anak burung yang baru menetas terancam mati karena tidak dapat pasokan pakan dari danau buatan dan sawah sekitar dimana banyak ikan, katak dan serangga sebagai bahan pakan burung menghilang karena kekeringan.

Di saat musim hujan air akan melimpah dan menggenangi air danau buatan, sehingga menarik kawanan burung bangau untuk membangun sarang dan berkembang biak, sementara pasokan makanan berlimpah di danau buatan, lain halnya jika musim kemarau, debit air danau buatan perlahan menyusut ikan dan katak pun menghilang sementara anak bangau yang baru menetas memerlukan pakan menjadi sulit.

Ribuan burung bangau berwarna putih dan hitam abu-abu menjadi daya tarik tersendiri di BB Padi, keberadaan burung bangau pun menjadi mata rantai yang mendukung keberlangsungan lingkungan terutama habitat pesawahan, sayangnya banyak masyarakat yang memburu burung bangau ini dengan senapan angin dan memasang jerat untuk dikonsumsi dagingnya dan dijual.

Hobi memburu bangau dengan senapan angin setiap hari masih dilakukan di pesisir pantai Subang, salah satu aktivis pelestari lingkungan pesisir di wana wisata Blanakan Subang kerap menegur pemburu burung yang hidup di wana wisata Blanakan untuk tidak menembak, menangkap dan mengganggu kehidupan burung liar di wana wisata Blanakan.
 
"Di wana wisata Blanakan dilarang berburu burung baik dengan senapan. Memasang jerat dan mengganggu keberadaan burung liar di sini, ini bertujuan agar keberadaan hutan pesisir pantai tetap terjaga dan lestari, kami akan menegur para pemburu burung untuk tidak menangkap burung liar termasuk bangau di sini," terang Santoso penjaga sekaligus pengelola wanawisata Blanakan.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama