» » Puluhan Warga Cibogo Subang Demo Pabrik Kertas

Puluhan warga di Desa Padaasih, Kecamatan Cibogo, Subang melakukan aksi ke pabrik kertas di daerah Padaasih, Selasa (16/6/2015).

Aksi tersebut memprotes terkait dampak limbah yang ditimbulkan produksi kertas di daerah itu. Selain mengakibatkan bau tak sedap, limbah kertas itu mengakibatkan air yang digunakan untuk mck bau. Aksi massa ini mendapat pengawalan dari aparat kepolisian.

Informasi yang dihimpun, berdasarkan hasil Investigasi Lapangan pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Subang ke pabrik kertas milik PT.Eco Paper pada awal 2015 ini, diantaranya Perusahaan telah membuat bangunan tempat pembuangan sementara Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3), tetapi belum memenuhi Standar Operasinal Prosedur (SOP).

Selain itu pihak BLH menemukan limbah Fly ash dan Bottom ash masih dumping dan tidak sesuai dengan SOP yang ditentukan dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), sementara Sludge masih dumping sehingga tidak kedap air dan tidak tertutup serta pihak perusahaan tidak melakukan pengujian emisi udara dari cerobong genset, Boiiler dan pengujian kualitas air limbah.

Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian dan Pemulihan Lingkungan Hidup Subang, Nano Sumpena mengatakan pihak perusahaan PT. Eco Paper  akan menyanggupi semua ketaatan, aturan, dan arahan dari BLH Kabupaten Subang.

"Sesuai hasil temuan BLH tadi, sejak hari ini (Senin) tanggal 26 Januari 2015, PT. Eco Paper dilarang produksi sebelum memperbaiki dan menindaklanjuti hasil temuan kami dilapangan," kata Nano beberapa waktu lalu.(TS)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama