» » Sinergitas Disbudparpora dan Disdik Perlu Ditingkatkan

Slogan atau ungkapan yang menyatakan bahwa pendidikan dan kebudayaan sebagai gerakan untuk menumbuhkan generasi berkarakter pancasila harus mampu diterjemahkan, diejawantahkan atau diimplementasikan oleh seluruh masyarakat. Hal itu di ungkapkan Kabid Kebudayaan Disbudparpora Subang Yatin, S.Pd pada pembukaan Alimpaido Kaulinan Budak yang digelar di Ciasem (11/6/2015) lalu.
 
Sinergitas budaya dan pendidikan akan berjalan efektif jika dilakukan dengan kesungguhan. Dua institusi yakni Disbudparpora dan Disdik memiliki peran strategis dalam hal ini.

Kedepan, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk mengadakan berbagai pelatihan atau workshop seperti pelatihan pupuh, kawih, kacapi, menulis aksara sunda dan lainnya. 

Salah satu seni tradisional yang akan kita perkenalkan kepada siswa sekolah adalah Toleat. Setelah Disbudparpora melakukan berbagai upaya untuk mengenalkan kembali kesenian ini salah satunya dengan rekor MURI kemarin, kini melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan alat musik ini harus terus diperkenalkan ke sekolah-sekolah.

Sementara itu kini kita tengah melatih pencak silat kepada 100 guru Sekolah Dasar yang kemudian akan disebarkan kepada anak didik dan guru lainnya. Pada gilirannya beberapa tahun ke depan anak muda Kabupaten Subang akan lebih mencintai seni budayanya.
Hal itu kata Yatin adalah contoh kerjasama Disbudparpora dengan Dinas Pendidikan yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan demi kelestarian budaya di Kabupaten Subang.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama