PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Korban Malpraktik, Keluarga Siska Bisa Gugat Perdata

Dekan Fakultas Hukum Universitas Subang, Ujang Charda
Dugaan malpraktik di Klinik Chiropratic First The Spine dan Nerve Clinic (CF) Cabang Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, pihak keluarga korban bisa menggugat secara perdata.
Tetapi, kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Subang (Unsub) Jawa Barat, Ujang Charda,  tidak menghilangkan hukum pidananya. 

Terlebih Penyelenggaraan Klinik CF tidak mengantongi dokumen-dokumen penyelenggaraan klinik kesehatan. “Itu sudah ilegal,” tegasnya.

Pengurus-pengurusnya bisa dipidana. Karena ini menyangkut kemanusiaan. Hukum memang tidak ada larangan orang untuk mati. Tetapi hukum akan mempertanyakan penyebab kematiannya.

“Dalam KUHP tidak ada larangan orang untuk mati. Tetapi hukum akan mempertanyakan penyebab secara fisiologis kenapa orang itu mati? Itu karena ada (dugaan) tindakan malpraktik, misalnya. Maka harus dibuktikan di pengadilan,” paparnya.

Oleh karena itu harus segera diproses hukum. Terlebih sejak awal penyelenggaraan klinik kesehatan tidak memiliki izin. Ujang sangat terkejut ketika disebutkan bahwa Klinik CF mendapat izin dari Dinas/Kementerian Pariwisata.

“Jangankan dengan bahasa hukum, dengan logika saja. Kok bisa izin klinik kesehatan dari kepariwisataan? Apa korelasinya?” ujarnya dengan nada bingung.

Apalagi, lanjut Ujang, berdasarkan Undang-undang UU No. 29 tahun 2004, praktek dokter harus memiliki izin kedokteran. Apalagi ada dokter asing, maka harus ada izin dari Kementerian Tenaga Kerja.

Seperti diketahui, Siska berobat di Chiropractic First The Spine & Nerve Clinic Cabang Pondok Indah Mall, Kamis (6/8/2015) malam. Di klinik terapi asing tersebut Siska ditangani dr Randal Cafferty, seorang warga negara Amerika Serikat. 
 
Sepulang dari klinik asing tersebut ia mengeluh kesakitan di bagian leher. Jumat (7/8) dini hari orang tuanya membawa Siska ke Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dokter menyimpulkan telah terjadi pembuluh darah yang pecah di bagian leher Siska. Pukul 04.45 WIB Siska meninggal dunia. (tddy)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama