» » Ambruk, Tembok Penahan Tebing Hancur

Longsor melanda dua daerah di Kabupaten Subang, mengancam rumah warga. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tetapi dua rumah warga terancam.

Di Cimerta Kelurahan Pasirkareumbi Kecamatan Subang bantaran Sungai Cileuleuy ambruk sepanjang 25 meter dengan ketinggian 15 meter. Sedangkan di Cibitung Kecamatan Ciater, tembok penahan tebing hancur mengakibatkan rumah warga rusak ringan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh "PR" Kamis 31 Maret 2016, longsor yang melanda dua daerah itu terjadi bersamaan dengan turunnya hujan deras. 

Di Cimerta, hujan deras menyebabkan debit air sungai melonjak. Aliran air sangat deras menghantam bantaran sungai di sekitar jembatan kawasan Cimerta. Dinding bantaran sungai tergerus air, sehingga ambruk. Ketinggian bantaran sungai yang ambruk 15 meter dan pajangnya 25 meter. Selain itu lebar bagian yang ambruk mencapai lima meter, mengancam satu rumah warga. Malahan posisi tanah longsor sudah mepet dengan rumah warga, dan bagian halamannya sudah ada yang retak-retak.

Agus Jayusman warga yang rumahnya terancam mengatakan ambruknya bantaran kejadiannya dua kali, yaitu Selasa sekitar pukul 19.00 WIB posisi bagian tanah longsor baru 2 meteran. Kemudian Rabu sekitar pukul 1.00 WIB, tanah di sebelah rumahnya ambruk lagi, sehingga bagian yang longsor menjadi lebih luas.

Dikatakannya, beberapa tahun lalu amblesnya bantaran sungai pernah terjadi pula sekitar tahun 2010. Namun bagian yang ambles tidak luas, sehingga bisa ditangani dengan membuat beton dan rucuk bambu. 

Dia berharap kepada pihak terkait bisa ada penanganan secepatnya. Selain mengancam rumahnya, bila tak segera ditangani dikhawatirkan bisa mengancam jembatan. Sebab bagian lahan di pinggiran jembatan sudah ada yang amblas, tergerus aliran sungai.

Longsor melanda pula wilayah Cibitung Kecamatan Ciater. Akibat hujan deras bagian tembok penahan tebing di belakang SD Cibitung ambruk hingga menyebabkan satu rumah warga milik Rohaenah di belakang sekolah mengalami rusak ringan, dan satu rumah lagi terancam.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama