» » Tak Biasa, Perda Waralaba Disahkan Malam Hari

DPRD bersama Pemkab Subang kembali menetapkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). Namun ada yang tak biasa dalam penetapan perda ali ini. Jika biasanya penetapan dilakukan saat siang, penetapan Perda Waralaba kali ini dilakukan saat hari sudah malam. Kecurigaan dari sejumlah kalangan pun muncul karena penetapan Perda Waralaba dilakukan pada waktu yang tak biasa. Sementara itu perda tersebut sangat menentukan perekonomian rakyat kecil di Kabupaten Subang.

Presiduim Lembaga Advokasi Rakyat, Kaka Suminta mengatakan, penetapan raperda menjadi perda sebaiknya tidak dilakukan malam hari. Hal ini untuk menghindari kesan tahapan penetapan perda tersebut tidak boleh diketahui publik. Menurut Kaka, penetapan Perda Waralaba sangat perlu diketahui publik di Kabupaten Subang.

Dijelaskan Kaka, pihaknya sangat menyayangkan Perda Waralaba yang dinilai memojokan pelaku usaha kecil, yang kini makin tergerus dengan adanya pembangunan toko modern.
Dikatakan Kaka, seharusnya Pemkab dan DPRD Subang peka terhadap nasib pedagang kecil yang kini makin terpuruk.  

Sementara itu anggota Komisi 2 DPRD Subang, Asep Hadian membenarkan paripurna penetapan Perda Waralaba dilakukan pada malam hari, tepatnya Selasa (29/3) malam sekitar pukul 20.20 – 22.15 WIB. Alasannya, kata Asep, karena jadwal Pemkab dan DPRD cukup padat, yang bertepatan dengan berbagai acara rangkaian HUT Kabupaten Subang ke-68.
Masih menurut Asep, pada paripurna penetapan Perda Waralaba kali ini, semua fraksi menyatakan menyetujui.

Di kesempatan yang sama Bupati Subang, H Ojang Sohandi menyatakan, selain Perda Waralaba, rapat paripurna juga menetapkan laporan LKPJ Bupati Subang tahun 2015, dan perda ruislag tanah Pemkab Subang yang digunakan PT Taekwang.

Pihaknya berharap semua prodak hukum yang dihasilkan DPRD bisa diyakini serta disepakati bersama. Ia menegaskan, penetapan perda jelas untuk kepentingan dan harus bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Subang.(pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama