» » Waspada! Kanker Serviks Mematikan

Bupati Subang H. Ojang Sohandi, Wakil Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih, Ketua DPRD Kabupaten Subang Ir. Beni Rudiono, Dandim 0505 Subang Letkol Inf Budi Mawardi Syam, Rabu (30/3) membuka  senam masal di lapangan alun-alun Subang. 

Kegiatan tersebut untuk menyambut dan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Subang  ke-68 jatuh, pada tanggal 5 April tahun 2016. Setelah usai senam Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Subang Hj Dewi Ojang Sohandi, melakukan  tes IVA  gratis untuk memeriksa apakah terjangkitnya penyakit kanker serviks yang merupakan penyakit yang sangat berbahaya untuk wanita-wanita produktif bahkan menjadi kejadian luar biasa dunia. 


Bupati H Ojang Sohandi dalam sambutanya mengatakan, senam massal agar tetap sehat dan juga memperkuat kekompakan, kerjasama dan silaturahmi dengan semua staf dan masyarakat kabupaten Subang.

Menurut Ojang, tanpa ada kekompakan dan kerjasama tidak akan bermanfaat, bahkan akan menimbulkan sengketa, syirik dan suudzon bukan keberhasilan. Tapi kalau anggaran yang ada kecil, namun mengedepakan kekompakan dan kerjasama semuanya akan menghasilkan manfaat yang besar.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Subang Hj Dewi Ojang Sohandi menjelaskan, penyakit kanker serviks sudah ditetapkan menjadi kejadian luar biasa dunia. Dari perhitungan dan survei hanya 2 menit saja, satu orang meninggal dunia karena serangan kanker.  

Di Indonesia dalam dua  jam satu orang meninggal. Saat ini wanita harus sangat sadar akan bahaya kanker serviks. Program IVA test yang dilaksanakan sekarang merupakan program nasional dan semuanya gratis, untuk melihat apakah terdapat tanda awal terinfeksi atau tidak.

Iva test, Dewi menjelaskan, merupakan program nasional, sebagai pencegahan. IVA test beda dengan pap smear yang harus ada persiapan dan berpuasa berhubungan seks dengan suami  dan hasilnya baru keluar sekitar seminggu setelahnya.(pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama