» » Lanud Suryadarma Siapkan Wisata Sejarah

Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, Lanud Suryadarma terus berbenah. Lanud Suryadarma ditunjuk sebagai tuan rumah cabang olahraga (cabor) terbang layang di ajang PON XIX.
 
Danlanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono mengatakan, untuk PON XIX ada beberapa fasilitas yang diperbaiki. Pada prinsipnya ini venue untuk terbang layang PON XIX tahun 2016, sedang proses finishing.

Ada pun yang direhab, antara lain ada hanggar yang ada tulisan Pusdiklat Terbang Layang sudah selesai. Kemudian selter sudah ada dua, tinggal satu lagi. Perbaikan efren precision landing sudah selesai, termasuk ruang briefing mau dimulai.

Selain fasilitas untuk terbang layang, Lanud juga mempersiapkan fasilitas pendukung untuk pengunjung. Menurut Danlanud, hal tersebut fasilitas pendukung di luar PON. Tetapi, TNI Angkatan Udara, karena akan ada pengunjung banyak, maka dipersiapkan alternatif kunjungan wisata. 

 “Salah satunya, Rumah Sejarah, ada Wisma Budaya, kemudian ada terowong yang dibuat oleh Belanda. Ada lagi Tugu Jepang, dimana pada zaman peperangan tentara Jepang melakukan harakiri. Alutsista juga akan dipamerkan saat penyelenggaraan PON,”

Sementara itu, Kepala Olahraga Dirgantara Terbang Layang Indonesia, Prasetya menambahkan, PON akan digelar bulan September 2016, yang diikuti 44 cabor, salah satunya terbang layang. Menurut Prasetya, terbang layang membutuhkan area yang cukup luas, maka tempatnya yang cocok di Lanud Suryadarma Kalijati Subang.

Khusus untuk terbang layang, Prasetya menuturkan, akan diikuti dari 11 provinsi. Ada dari Riau, Palembang, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur , Bali, Kalimantan Timur dan Papua.

Nantinya, akan dipertandingkan sebanyak sembilan nomor. 

“Ada sembilan emas, sembilan perak dan sembilan perunggu,” ungkapnya.

Prasetya berharap, semua nomor bisa dipertandingkan semua, karena olahraga terbang layang ini sangat bergantung cuaca dan arah angin. 
 
 “Terkadang, cuacanya bagus, anginnya keras. Saya berharap semua masyarakat mendukung berikut cuacanya, supaya pertandingan berjalan lancar dan aman,”. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama