» » Suryadarma, Panglima Angkatan Udara bikin Australia ketakutan

Banyak yang tak mengenal siapa Bapak Dirgantara sekaligus KSAU Pertama di republik ini. Dialah Soeriadi Suryadarma. Selama 16 tahun, dia membangun angkatan udara dari nol.

Di awal kemerdekaan, TNI AU hanya memiliki dua pesawat tua peninggalan Jepang. Dalam waktu kurang dari sepuluh tahun Suryadarma membangunnya hingga TNI AU menjadi Angkatan Udara terkuat di Asia bagian Selatan. Hal ini sampai membuat Australia khawatir.

Namun, karier Suryadarma berakhir tragis usai insiden tenggelamnya KRI Macan Tutul dan tewasnya Komodor Yos Soedarso di Laut Aru. Jenderal Nasution menuding Suryadarma ikut bertanggung jawab karena tidak memberikan pengawalan. Padahal, misi Yos Soedarso adalah rahasia dan Suryadarma tidak pernah diberi tahu adanya rencana operasi tersebut.

Setelah tak lagi memimpin TNI Angkatan Udara, dia menghabiskan waktu menjadi seorang filateli di masa tuanya. Jasa-jasanya sempat dilupakan karena rezim Orde Baru menganggap Suryadarma seorang loyalis Soekarno.

Baru pada tahun 2000, pemerintah memberinya gelar Bapak TNI AU dan mengabadikan nama 'Suryadarma' sebagai nama Pangkalan Udara di Subang. (Merdeka.com)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama