» » 5 Gaya denim yang cocok dipakai di musim kemarau

Denim atau bahan jeans, sebenarnya adalah bahan pakaian yang tak pernah mati. Namun karena beberapa tahun belakangan, bahan denim 'dieksploitasi' habis-habisan untuk bahan kemeja, jaket, bahkan aksesoris, kini orang mulai jenuh dengan bahan ini. 

Namun tak bisa dipungkiri, orang ternyata tak bisa lepas dari bahan denim atau jeans ini. Ketika mencoba bahan baru seperti canvas, banyak dari orang-orang yang merasa kalau 'canvas gak gue banget.' Mungkin terlalu rapi, atau bahannya yang panas dan cepat sekali pudar. Memasuki musim kemarau pun, meski sudah dipakai habis-habisan, ternyata denim masih jadi pilihan.

'Jeans biru' yang sangat ikonik memang tak bisa hilang dari peradaban, apapun musimnya. Namun ada beberapa tren denim yang representatif jika dipakai di musim kemarau yang panas. Berikut beberapa ulasannya.

1. Distressed :  Distressed, atau robek-robek, adalah model denim yang sedang kembali booming di negara yang cuacanya sedang nyaman untuk aktivitas 'outdoor,' yakni musim semi dan panas. Mungkin lubang yang ada di bagian celana kita memang tak begitu berpengaruh mengalirkan udara sejuk ke dalam celana kita, namun kembali boomingnya distressed denim bukan karena itu. Karena musim semi dan panas cocok untuk bermain, jeans yang lebih kasualmungkin akan lebih cocok di cuaca panas. Tentu merobeknya dengan benda tajam bukanlah cara yang bijak untuk mendapatkan celana robek yang alami. Berbagai treatment seperti 'cuci sulfur,' dan teknik 'overdye,' jadi senjata untuk mendapatkan celana jeans yang distressed secara alami. Bahkan, makin lama 'robekan' celana jeans kini makin ekstrem. Dua robekan di lutut kanan dan kiri, serta berbagai robekan alami di area jeans. Berani pakai celana robekmu lagi dalam waktu dekat ini?


2. Relaxed Fits : Di cuaca yang kini makin menghangat, terlebih lagi musim hujan sudah kita tinggalkan dan kita kembali ke cuaca tropis, celana jeans yang lebih rileks akan lebih dipilih ketimbang skinny ataupun slimfit. Memang model jeans umum seperti slim dan skinny akan tetap mendominasi industri denim. Hal inilah yang justru membuat para pegiat fashion untuk menghindarinya untuk sementara waktu. Bahkan merek 'mainstream' seperti Levi's dan Nudie kini memproduksi celana denim yang lebih 'rileks' dipakai.Pada dasarnya, gaya 'relaxed fit' yang paling umum dan dianggap 'keren' bukanlah celana dengan potongan 'straight' biasa, namun berupa 'baggy crop.' yakni celana 'straight' yang dipotong di bagian bawah, teratur maupun tak teratur, dan dilipat secara senjaga ke atas. Jeans tipe ini sangat cocok dipadukan dengan sneakers, serta cukup oke digunakan dalam situasi non-formal. 

3. Embellished : Mungkin tren ini akan dianggap cukup 'aneh,' namun untuk kalian yang ingin tampil beda dan menarik, ini bisa jadi pilihan.'Embellished,' atau dengan kata lain, denim dengan penambahan elemen yang menarik. Penambahan elemen ini ternyata bukan bordiran besar yang sering kita temui pada celana-celana yang booming di awal 2000an, namun lebih kepada 'tambalan.'Mungkin terdengar gembel, namun ketika jeans yang sudah sobek cukup parah, ternyata bisa diselamatkan dengan 'patch' atau 'badges' atau tambalan, dan hal tersebut bisa jadi dekorasi yang menarik.

4. White denim : Celana jeans berwarna putih adalah bentuk alternatif lebih bersih ketimbang chino. Ini adalah opsi anti-gagal untuk aktivitas siang hari, di mana cuaca di luar sudah sangat terik. Di tengah-tengah musim kemarau, memakai warna jeans dengan warna gelap sepertinya bukan pilihan yang bijak. Tidak bijak bagi kulit kita karena panas, serta bagi orang lain karena terlalu mencolok mata di tengah panasnya hari. Meski untuk para pria yang beraktivitas berlebih dan 'takut kotor,' white denim juga masih bisa dipadu dengan 'oversized jacket,' untuk menyamarkan noda jika kamu takut jadi tidak 'pede.'

5. Japan Denim : Denim yang berasal dari Jepang, punya tempat di hati para pecinta denim sebagai denim terbaik di dunia. Hal ini bukan tanpa alasan, konstruksi premium dan pengrajin yang berpengalaman, lihat dan berkemampuan tinggi jadi syarat untuk membuat Japan Denim. Selain bahannya yang berkualitas premium, ternyata Japan Denim sangat bersahabat jika digunakan di cuaca yang panas. Selain itu, biasanya Japan Denim lebih mengedepankan bentuk yang 'unik,' sehingga mereka sering rilis dalam bentuk straight, dan selvedge. Hal ini membuat Japan Denim bisa diperlakukan layaknya 'relaxed fit' jeans. Yang lebih unik lagi, banyak sekali varian Japan Denim selain celana. Tak terbatas pada jaket dengan model biker yang klasik, Japan Denim menawarkan bentuk coat, bomber jacket, hingga kimono. (vml)


 

 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama