PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Adipura Berat, BLH Optimis Raih Sertifikat Hutan Kota

Meski dimungkinkan berat mendapatkan Adipura, Badan Lingkungan Hidup (BLH) yakin mendapatkan sertifikat hutan kota. Belasan tahun Pemkab Subang tidak pernah mendapatkan penghargaan Adipura. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Panembong dinilai menjadi permasalahan utama untuk meraih Adipura.   

Kepala BLH Subang Suwarna Murdias mengatakan, saat ini pihaknya menunggu adanya putusan, tentang apakah Subang mendapatkan penghargaan Adipura atau tidak. Walaupun dirasa sangat berat, pihaknya masih menunggu pengumuman tersebut pada Hari Lingkungan Hidup tiba.   

Suwarna menyayangkan jika penilaian Adipura gagal karena TPA Panembong yang merupakan penilaian skor tertinggi malah jelok. Saat ini, keadaannya tidak seperti yang diharapkan, mulai dari pengolahannya, manajemennya dan lainya. 

Seharusnya sudah baik dari jauh hari sebelum kegiatan penilaian Adipura, sehingga tidak mendadak ditatanya. Ditambahkan Suwarna, penghargaan Adipura berat untuk diraih. 

Tetapi, jika masyarakat sadar terhadap penilaian, tentunya masih ada harapan. Seperti contohnya, membuang sampah pada tempatnya, pada kenyataannya di aliran sungai dekat Pemkab Subang saja keadaannya banyak sampah dan lingkungannya juga kumuh. 

Jika masyarakat bersama-sama melakukan pembersihan, bisa saja menjadikan keadaan tersebut menjadi lebih baik. Penilaian Adipura, kata dia, ada tiga tipe. Antara lain, penghargaan plakat, penghargaan simbolis Adipura dan juga penghargaan sertifikat lingkungan. 

Jika dirasa berat mendapatkan penghargaan piala Adipura, BLH hanya meyakini dan optimis mendapatkan penghargaan serifikat Hutan Kota Subang saja. Selain terluas lahannya 12,7 hektare, hayati lingkungan di sana juga bagus. 

Sementara di Provinsi Jawa Barat, hanya Tasikmalaya dan Subang yang luas hutan kotanya.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama