PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Di Subang Jatah Raskin 4 Kg/RTS-PM, Harga Tebus Tertinggi Rp.3.000/Kg.

Sejak Bulan Maret s/d April 2016 tim investigasi Ormas Gival baru berhasil mengumpulkan keterangan tertulis RTS-PM Raskin sebanyak 14 Kecamatan di Kabupaten Subang, ditemukan sejumlah keluhan dari para RTS-PM penerima Jatah Raskin mulai dari kondisi fisik Beras, kuota yang diterima, dan kenaikan harga tebus yang mencapai Rp.3.000/Kilogram.
 
Hal tersebut hasil sejumlah tim investigasi yang diterjunkan disetiap kecamatan, yakni ke Kecamatan Cipeundeuy, Pabuaran, Patokbeusi, Ciasem, Blanakan, Sukasari, Pamanukan, Legonkulon, Purwadadi, Cikaum, Binong, Pagaden Barat, Pagaden, dan Kecamatan Kalijati. Dari hasil investigasi secara tertulis mulai dari nama, nomor KTP, umur, tempat tinggal, menerima jatah Raskin, harga tebus Raskin dan keluhan para RTS-PM Raskin dituangkan dalam lembar formulir investigasi yang berukuran setengah HVS A4.

Dari hasil investigasi, RTS-PM mengaku hanya menerima jatah Raskin rata-rata 4 Kg./RTS-PM/bulan atau lumrah diterima dengan Netto liter yang masing-masing menerima 5 liter/RTS-PM/bulan. Adapun harga tebus Raskin disetiap Desa dan setiap Kecamatan bervariasi, ada yang memberlakukan harga tebus Rp.1.900/kg. ada pula yang rata-rata Rp.2.500, dan harga tebus tertinggi Rp.3.000/kg. Yang dipoles dengan harga tebur Rp.2.000 s/d Rp.2.500/liter.

Para RTS-PM pun selain mengeluhkan jatah kuota Raskin dan perubahan harga tebus Raskin juga mengeluhkan mengeluhkan fisik Raskin yang seringkali jelek, yakni berasnya berwarna kuning kehitaman, bau, remuk, berkutu, dan ada pula yang mengaku dua bulan terahir (Februari-Maret) berasnya agak bagusan. Keluhan kedua mengenai jatah Raskin yang terlalu sedikit, yakni mereka hanya menerima sebanyak 4kg./RTS-PM/bulan atau biasa mereka terima dengan takaran liter sebanyak 5 liter/RTS-PM/bulan. 

Kendati pun para RTS-PM tidak mengeluhkan harga tebus, akan tetapi setelah tahu harga tebus yang sebenarnya RTS-PM Raskin sempat kaget karena awalnya tidak tahu harga tebus yang sebenarnya, walau pun  mereka tahu harga tebus lebih mahal akan tetapi tidak dipermasahkan. Mereka lebih mempermasalahkan berkurangnya jatah kuota Raskin yang mereka terima terlalu sedikit, mereka meminta agar pemerintah memberlakukan tebus Raskin yang sebenarnya yakni seberat 15kg/RTS-PM/bulan.

“Kalau saja menerima jatah Raskin sebanyak 15 kilogram akan cukup untuk memenuhi kebutuhan makan selama satu bulan, tapi kalau hanya 5 liter hanya cukup beberapa hari saja,”ujar para RTS-PM yang berhasil dikonfirmasi di 14 Kecamatan.(daus pirdaus)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama