PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Harga Naik Jelang Ramadan Warga Inginkan Operasi Pasar

Menjelang bulan Ramadan harga cabai merah dan daging ayam mulai melonjak. Perkembangan harga di berbagai pasar tradisonal, menjelang bulan Ramadan berbagai komoditas pasar sudah mulai merangkak naik. 

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) mengimbau agar para pedagang jangan melakukan penimbunan, terhadap komoditas barang. Pedagang sayuran Pasar Kalijati Unip (45) mengatakan, harga sayuran cabai dan bawang mulai merangkak naik dari dua hari kemarin. Merangkaknya harga cabai, menjadi keluhan konsumennya. Kenaikan harga cabai sudah dari pemasoknya mencapai 25 persen. 

Harga sayuran, Unip memaparkan, harga cabai keriting saja saat ini mencapai Rp33 ribu per Kilogramnya, padahal sebelumnya hanya Rp25 ribu, termasuk jenis cabai keriting. Cabai rawit merah mencapai Rp25 ribu per kilogra dari sebelumnya hanya Rp24 ribu. 

Harga bawang merah saat ini hanya naik Rp4.000 naiknya dari per kilogram Rp36 ribu menjadi Rp40 ribu. Kenaikan tersebut, disamping menjelang Bulan Ramadan, juga dikarenakan faktor cuaca yang lembab sehingga kualitas sayuran jelek.

Pedagang daging Pasar Kalijati Romadoni Ilyas (35) mengatakan, hawa bulan Ramadan sudah mulai terlihat dan kenaikan pasti terjadi. Hal tersebut disebabkan, banyak masyarakat yang membutuhkan daging untuk menu Bulan Ramadan. 

Saat untuk daging mulai ada peningkatannya, seperti daging sapi dari harga Rp95 ribu menjadi Rp110 ribu. Harga daging ayam dari harga Rp29 ribu menjadi Rp32 ribu. Harga tersebut menjadikan banyak pelanggannya mengeluh.  

Kabid Perdagangan Disperindagsar Subang H Nurudin mengatakan, untuk kenaikan menjelang Bulan Ramadan pastinya selalu terjadi tiap mendekati Bulan Ramadan. Seperti siklusnya yang banyak permintan pasti harga melonjak. Seperti tahun sebelumnya juga, nantinya juga bisa normal lagi pada saatnya tiba.

Nurudin mengimbau kepada pedagang untuk tidak menimbun komditi sayuran atau kebutuhan pokok lainnya di bulan Ramadan.

Warga Desa Tanggulun Timur Dianti (44) menginginkan adanya operasi pasar yang bisa meringankan harga kebutuhan pokok untuk masyarakat.
(pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama