PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Longsor di Subang Diawali Dentuman Keras

Sebagian warga KampungSukakerti Desa Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Subang tidak menyangka bakal terjadi bencana banjir bandang cukup besar hingga membawa korban jiwa dan memusnahkan puluhan rumah serta harta benda. Padahal sebelumnya hanya hujan biasa dan kalau ada longsoran di bukit yang menaungi desa tersebut, dianggap biasa.

“Sebelumnya memang terdengar suara dentuman seperti suara bom dan belum juga melihat ke luar luapan air sungai Cihideung menerjang puluhan rumah warga, “kata Aris, Ketua RW 01 yang bertempat tinggal di Cihideung Girang pun merasakan suasana mencekam ditambah lampu padam karena tiang listriknya patah. Penyebab banjir diduga akibat adanya longsoran tebing hingga pohon2 dan material lainnya menutupi sungai di hulu sungai di wilayah Desa Bukanagara.

Rumah-rumah yang berjumlah sebanyak 32 terdampak banjir bandang kebanyakan berada tidak jauh dari bibir sungai. Walaupun ada bangunan yang masih kokoh, termasuk masjid  al-Ikhlas berdiri kokoh di tengah lokasi banjir bandang. Suara teriakan minta tolong disertai takbir dan doa doa terdengar hingga kejadian inipun segera oleh Kepala Desa Sukakerti, H. Didin dilaporkan ke aparat Muspika serta Pemkab.Subang.


Kapolres Subang sendiri datang paling awal dan beberapa warga pun pada tengah malam berusaha menyelamatkan diri dan keluarganya. Setelah bala bantuan datang, satu persatu korban banjir baik yang tewas maupun luka ditemukan direruntuhan bangunan ada juga yang jauh dari lokasi tempat kejadian.

Hingga menjelang malam, ribuan warga dengan dalih melihat sanak saudara dan ada juga yang sengaja ingin melihatnya. Akibatnya jalan yang hanya cukup untuk 2 kendaraan dan itupun harus ekstra hati-hati jadi macet, ditambah ribuan sepeda motor yang memaksakan masuk. Petugas gabungan pun angkat tangan dan akhirnya pengendara tidak diperboleh masuk kecuali petugas medis dan yang memberikan bantuan.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama