PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Pahami Prosedur, Cegah TKI Ilegal PPTKIS Wajib Simpan Deposito Rp100 juta

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinisi Jabar dan Kabupaten Subang, menyelenggarakan kegiatan Desiminasi Pembinaan Peningkatan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Kegiatan tersebut, dilaksanakan di GOR PGRI Kecamatan Cipunagara, Kamis (19/5).
 
Kasie  Informasi dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabaupaten Subang Tunggul Silaban  mengatakan,  kegiatan tersebut dimaksudkan agar masyarakat memahami tata cara pemberangkatan tenaga kerja ke luar negeri secara prosedural. Sosialisasi ini sebagai pengetahuan dan pemahaman proses ketenagakerjaan ke luar negeri.

Hal itupun dimaksudkan mencegah permasalahan yang muncul saat bekerja di luar negeri, serta memudahkan dalam pemulangan ke daerah asal. 

Sesuai dengan Perda No 9 Tahun 2013, PPTKIS harus memiliki kantor cabang di provinsi tempat mereka beroperasi. Bila PPTKIS itu belum memiliki cabang di provinsi, maka PPTKIS itu dilarang untuk merekrut TKI dari daerah provinsi itu.

 “Kita imbau kepada warga peminat untuk bekerja di luar negeri, untuk menyimpan dokumen-dokumen penting dan diserahkan kepada keluarga calon TKI. PPTKIS juga berkewajiban untuk menyerahkan dokumen itu kepada keluarga calon TKI, agar bila ada permasalahan di luar pihak-pihak terkait mudah mengurus dan menyelesaikannya,”  

Jumlah TKI asal Subang hingga saat ini, sekitar 7.000 orang yang didominasi di negara Taiwan.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyaluran Tenaga Kerja Dsnakertrans Prov insi Jabar M. Qorib menuturkan, berkaitan dengan sosialisasi ini termasuk Antar Kerja Antar Negara (AKAN). Sesuai dengan UUD 45 Pasal 28 bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan.

Disnakertrans Jabar juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik terkait TKI. Itu tidak bisa dilakukan sendiri semua stakeholder terkait dari mulai masyarakat, Pemdes, Imigrasi, Polda Jabar, PPTKIS dan Satgas TKI yang ada di Jabar.

Dari sekian ratus PPTKIS yang beroperasi di Jabar baru sekitar 60 PPTIKIS, yang telah memenuhi aturan terkait deposito itu. Pihaknya mengimbau kepada PPTKIS yang belum agar memenuhi aturan tersebut. Deposito itu bermanfaat untuk kerugian yang ditanggung oleh TKI, dapat dikembalikan kepada PPTKIS dan bila kantor cabang ditutup.

Untuk menyelesaikan masalah TKI di luar negeri, Disnakertrans menyiapkan bantuan hukum untuk menyelesaikan perkara TKI, bersama  Kemenlu dan Kemenaker yang di bantu oleh Satgas TKI dan Agen/PPTKIS. 

“Dokumen yang harus dimiliki oleh TKI antara lain Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN), paspor, visa kerja, tiket perjalanan, perjanjian kerja, kartu peserta asuransi dan buku tabungan,” (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama