» » Sergab 33.000 Ton dari Petani

Kepala tim (Katim) Sergab Mabes Angkatan Darat (Mabesad) Brigjend TNI Dudung Abdul Rahman, bersama Dandim 0605 Letkol Inf Budi Mawardi Syam dan Kabulog Sub Divre Subang Taufik Budi Santoso, melakukan pemantuan pengawasan pencapaian target Serap Gabah (Sergab) di wilayah teritorial Kodim 0605 Subang. 
 
Kegiatan diawali dengan melihat gudang Bulog, lalu bertemu dengan petani padi di Desa Belendung Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Pada kesempatan tersebut, Kabulog Subdivre Subag Taufik Budi Santoso membeli gabah kering dari petani padi di Desa Belendung.

Katim Sergab Mabesad Brigjen TNI Dudung Abdul Rahman mengatakan, Sergab tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat. Diserapnya gabah dan ditampung di Bulog untuk cadangan nasional maupun kebutuhan beras raskin.

Saat ini, Bulog membeli gabah dengan harga yang cukup tinggi, sehingga para petani tidak tertindas oleh para tengkulak.

Dudung mengimbau petani harus memahami, karena sudah berikan bantuan oleh pemerintah baik pupuk, bibit dan alat pertanian. Gabah hasil panen itu jelas harus dijual petani ke Bulog. 
 
Dari hasil pantuan, petani padi di Desa Belendung sangat luar biasa baik pencapaiannya termasuk semangat para Babinsa, Danramil. Pencapaian gabah yang telah diserap di Wilayah Kabupaten Subang telah mencapai 33 ribu ton dengan target 80 ribu ton gabah.
 
“Dengan adanya MoU antara pemerintah dan TNI, jelas ada keterikatan saling bekerjasama, sehingga produksi gabah secara nasional khususnya di Kabupaten Subang semakin meningkat. TNI juga tetap akan mengawal pupuk dari pabrik, hingga ke petani dan juga melakukan tender proyek bibit, serta pembangunan sarana prasaran untuk peningkat gabah. Bahkan kita kerjasama dengan Menteri Pertanian, khususnya Dinas Pertanian Kabupaten Subang,” ujar Dudung.

Hal senada diungkapkan Kabulog Subdivre Subang Taufik Budi Santoso mengucapakan terima kasih kepada Katim Sergab Mabesad Brigjen TNI Dudung dan Dandim 0605 Subang Letkol Inf Budi Mawardi, Kasdim Mayor inf Zarkoni bersama Danramil serta para Babinsa, dengan serapan gabah yang dilaksanakan.

Stok beras yang ada di gudang Bulog Sub Divre Subang kata dia, masih aman untuk 6 bulan ke depan. Pembayaran raskin yang disalurkan dan pembayaran dari tiap kecamatan di Kabupaten Subang, dari bulan Januari hingga bulan April berjalan lancar saja.

Sementara itu Dandim 0605 Subang Letkol Inf Budi Mawardi Syam menjelaskan, pada intinya kerjasama Bulog Sub Divre Subang bersama Kodim 0605 Subang berjalan baik. Bulog saat ini memiliki ketahan pangan berupa beras untuk masyarakat Kabupaten Subang untuk 6 bulan ke depan.
 “Pencapaian tersebut tidak mudah. Saya bersama jajaran Kodim Subang dan Bulog secara langsung turun ke lapangan dan alhamdulillah hasilnya sangat luar biasa"
 
Menurutnya, Kabupaten Subang sangat banyak yang harus dibenahi.
“Walaupun kita beritakan target sebesar 80 ribu ton, akan tetapi target tersebut akan tercapai dengan baik,” kata Dandim Subang.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama