PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Abrasi Menenggelamkan 1.600 Ha Lebih Daratan Indramayu

Abrasi yang menggerus wilayah daratan di wilayah Pantura Kabupaten Indramayu makin mengkhawatirkan. Hingga tahun 2016 ini, abrasi telah menenggelamkan kawasan daratan seluas 1.600 hektare lebih.
 
Data yang diperoleh galamedianews, Minggu (12/6/20160, daratan yang tergerus gelombang air Laut Jawa itu terbentang di sepanjang 42,6 kilometer pantai dari wilayah barat hingga ke timur. Terbentang dari mulai kawasan pantai di Kecamatan Sukra, Patrol, Kandanghaur, Losarang, Cantigi, Pasekan, Indramayu, Balongan, Juntinyuat, Karangampel hingga Krangkeng.
 
Di Kandanghaur, abrasi pantai mengancam akan memutuskan jalur utama pantura, terutama yang berada di Desa Eretan Kulon hingga perbatasan dengan Desa Sukahaji, Kecamatan Patrol. Jarak bibir pantai dengan jalur pantura tak lebih dari dua puluh meter.
 
Di Eretan Kulon, pemerintah memang telah memasang benteng penahan dengan membuat tanggul dari batu belah. Hanya saja, kekuatan benteng itu relatif terus menurun, di sisi lain, makin tahun, kekuatan hantaman ombak dirasa makin besar.
 
“Di Eretan, abrasi mengancam titik strategis jalur pantura. Kita setiap saat mengawasi. Pemerintah pusat juga mengawasi langsung setiap perkembangan. Kita juga berupaya mengantisipasi dengan membuat sabuk hijau lewat penanaman mangrove,” tutur Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat, Ir. H. Aep Saefuddin.
 
Di wilayah barat, di daerah Sukra yang berbatasan dengan Kabupaten Subang, abrasi bahkan telah menenggelamkan desa-desa di wilayah utara. Sedang di Juntinyuat, jika tak diantisipasi akan menenggelamkan lokasi wisata pantai Tirtamaya dan memutus Jln Raya Indramayu-Karangampel-Cirebon.
 
“Penanganan abrasi selalu kita koordinasikan dengan pemerintah pusat. Apalagi ada banyak titik abrasi yang mengancam industri vital seperti fasilitas Pertamina. Kita juga bekerjasama dengan Pertamina terutama di titik-titik yang terdapat jaringan pipa minyak,” (gm)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama