PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Guru Dituntut Berperan Ganda

Kasi Ketenagaan PK dan PLK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Deden Saeful Hidayat MPd mengapresiasi kegiatan “Seminar Hari” Bimbingan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kampus SLB Negeri Subang yang diikuti puluhan guru SLB di Kabupaten Subang, Rabu (8/6). 

Ia mengungkapkan bahwa saat ini mayoritas belum ada guru yang secara khusus menangani bimbingan konseling di Sekolah Luar Biasa (SLB). Oleh karena itu tugas tersebut dibebankan kepada guru kelas. Guru kelas sekaligus menjadi guru bimbingan konseling.

Menurutnya, guru SLB selain harus mumpuni dalam akademiknya, juga harus mampu menjadi guru bimbingan konseling bagi siswa-siswinya. Sehingga tugas yang harus dilakukan oleh guru selain mengajar yaitu melayani siswa dalam hal persoalan pribadinya, lingkungan sosial maupun karir.

Selain itu, guru juga harus mampu mendorong siswa agar mampu hidup mandiri setelah lulus sekolah. Masa depan anak-anak SLB harus terpikirikan oleh guru.Maka dari itu semestinya guru berupaya untuk mendorong siswanya mampu menciptakan usaha sendiri, di samping menjadi pekerja.

Selain itu, panita seminar, Wasdi MPd, guru SLB Negeri Subang mengatakan, bimbingan konseling merupakan suatu hal yang perlu ada di SLB. Oleh karenanya sekolah ini berinisiatif untuk menyelenggarakan seminar bimbingan konseling dengan menghadirkan sejumlah pemateri sesuai bidangnya seperti dari Universitas Padang.(pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama