PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Polres Mulai Petakan Jalur Mudik

Polres Subang mulai melakukan pemetaan jalur mudik lebaran di wilayahnya. Langkah ini dilakukan guna mengetahui jalur rawan kecelakaan maupun rawan tindak kriminalitas di Kabupaten Subang.
 
Kasat Lantas Polres Subang, AKP Sujana mengatakan, pelaksanan arus mudik tahun ini bakal mengalami perubahan, dari yang sebelumnya menggunakan sandi Operasi Ketupat Lodaya menjadi Operasi Ramadhania. Meski berganti nama, pada dasarnya pengamanan arus mudik tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai langkah awal, pihaknya akan melakukan pengecekan jalur yang akan dilalui pemudik.

Dijelaskan Sujana, jalur tol akan menjadi prioritas pihaknya. Namun demikian, jalur alternatif pun akan tetap disiagakan untuk mengantisipasi kemacetan di Jalan Tol Cipali. Pihaknya juga berharap para pengendara sudah mengetahui jalur mana saja yang akan dilalui saat mudik lebaran tahun ini. Misalnya, para pengendara yang terjebak di jalur pantura, dan ingin ke jalur tengah, bisa melalui Jalan Rancabango (Sukamandi-Purwadadi), kemudian melalui jalur tengah hingga Cikamurang. Jalur Pamanukan-Pagaden pun bisa dilalui pengendara yang terjebak kamacetan di wilayah Pamanukan.

Sementara pengamanan jalur selatan, lanjut Sujana, akan diprioritaskan pasca lebaran. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jalur ini hanya ramai pasca lebaran, tepatnya saat warga ingin menghabiskan waktu liburan ke lokasi-lokasi wisata yang berada di wilayah Subang selatan.

Jika sudah mendekati pelaksanan arus mudik, kata Sujana, pihaknya bersama intansi terkait akan melakukan rambu-rambu lalu lintas dan alat lainnya, diantaranya barier atau tolo-tolo untuk memisahkan jalur yang akan dilalui pemudik.

Selain itu, pihaknya berharap adanya bengkel-bengkel di jalur-jalur tertentu yang dilalui pemudik, seperti jalur Ciater. Hal itu, menurutnya sangat berguna dan membantu pengendara yang melintas.

“Termasuk harus ada tukang ganjal ban saat memasuki jalur lintas Ciater yang menurun dan naik serta menikung,” ungkapnya.

Sementara untuk pos pengamanan, diakui Sujana, pihaknya masih menunggu anev terlebih dahulu, baik yang di jalur utara atau selatan. Namun ia memastikan pos pengamanan akan diutamakan di jalur-jalur rawan.

Selain itu, pihaknya juga mulai memetakan jalur-jalur rawan saat arus mudik.

“Kita juga dalam waktu dekat akan melakuan rapat koordinasi dengan Dinas Bina Marga untuk segera dilakukan perbaikan jalan berlubang. Kita sesegera mungkin jalan berlubang diperbaiki sebelum arus mudik lebaran 2016,” tandasnya.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama