PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Tergenang Banjir Rob, Petani Tambak Blanakan Rugi Rp 1,5 Milyar

Puluhan ton ikan dan udang siap panen milik patani tambak di Kecamatan Blanakan,Subang dilaporkan musnah tersapu banjir air laut pasang (Rob). Akibat kejadian tersebut para petani mengaku menderita kerugian hingga satu milyar lebih.

Selain menghanyutkan ikan dan udang, terjangan banjir rob yang terjadi sejak empat hari lalu itu telah merusak tanggul tambak dan sejumlah pintu air.

"Banjir rob yang terjadi kemarin begitu besar hingga melebihi pematang (tanggul) tambak. Hampir sebagian besar ikan bendeng yang saya pelihara selama tiga bulan hanyut terbawa banjir," kata Surman, seorang petani tambak , Minggu (5/6/2016).

Dikatakan, banjir rob telah menyapu tambak yang terletak 200 meter dari bibir pantai. Bahkan dibanding tahun sebelumnya, rob tahun ini cukup tinggi mencapai 2 m dari permukaan pematang (tanggul) tambak. Para petani lainnya pun tidak mengira pasang air laut begitu tinggi hingga menghanyutkan ikan dan udang peliharaannya.

Ketua KUD Mandiri Mina Karya Bhukti, Blanakan, H. Karya Zakaria membenarkan, kalau luas lahan tambak ikan dan udang yang terkena rob di wilayah kerjanya mencapai 150 hektar dan siap panen.

“Kalau dikalkulasi nilai kerugian yang telah di keluarkan petani, seperti pembelian bibit, pengolahan tambak, dan penyedian pakan diperkirakan mencapai Rp 1,5 milyar,“ 

Untuk itu, pihaknya telah melayangkan surat kepada Plt. Bupati Subang dengan tembusan kepada Dinas Instansi terkait bencana tersebut yang harus menjadi perhatian tidak hanya Pemkab Subang tetapi  Pemprov Jabar.

“Kita harapkan ada yang turun ke lapangan untuk mendata kerugian dan kerusakan insfrastruktur akibat terjangan banjir tersebut,“ 

Sementara itu, berdasarkan pantauan hasil tangkapan nelayan di Blanakan memasuki musim kemarau ini mulai mengalami peningkatan. Hal tersebut dipicu dengan semakin membaiknya cuaca sehingga sangat mendukung bagi nelayan untuk melaut mencari ikan ke lepas pantai.

Ahya, salah seorang nelayan Blanakan mengaku hasil tangkapan ikan nelayan sejak awal Mei lalu sudah mengalami peningkatan dibandingkan dimusim hujan lalu. Hal ini seiring dengan semakin membaiknya cuaca baik didarat mapun lepas pantai yang sangat mendukung untuk mencari ikan hingga lepas pantai.

“Hasil tangkapan untuk nelayan kecil saja per harinya bisa mencapai 30-50Kg  dan tentu berbeda dengan nelayan besar akan  mencapai ratusan kilogram sekali melaut,”  (DK-GM)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama