PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » 14 Situ di Subang Tidak Berfungsi Lagi

Divisi Pengelola Air III Perum Jasa Tirta (PJT) II menginventarisir lebih dari setengah jumlah situ atau danau, yang diperuntukan memenuhi kebutuhan air, untuk lahan pertanian di Kabupaten Subang, yang saat ini telah berubah fungsi.

Kepala Divisi Pengelola Air III, Perum Jasa Tirta II, Farid Kohar mengungkapkan, dari 27 situ yang terdata oleh Perum Jasa Tirta II, Divisi Pengelolaan Air III, 14 di antaranya sudah berubah fungsi. Saat ini tinggal 13 situ yang masih ada, tetapi itupun fungsinya sudah tidak optimal, karena sudah mengalami penyempitan dan pendangkalan akibat sedimentasi.
 
Dari pantauan RRI , Kamis (21/7/2016), salah satu situ yang masih berfungsi di daerah Kelurahan Sukamelang Kecamatan/Kabupaten Subang. Walaupun masih berfungsi mengairi areal pertanian, tetapi kondisinya saat ini memprihatinkan. Selain areal airnya sudah banyak sampah, juga tertutup berbagai jenis tanaman air. Kemudian sedimentasinya juga cukup tinggi, sehingga kemampuan menampung air menjadi berkurang akibat banyaknya lumpur. 
 
Dikatakannya, ke 14 situ yang telah berubah fungsi itu sebagain besar sudah menjadi lahan pertanian sehingga tak ada lagi area untuk menampung air. Sedangkan 13 situ lagi masih bisa menampung air, tetapi tak maksimal akibat arealnya sudah menyempit dan banyak lumpur.(RRI-RE/AKS)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama