» » Agustus, BPS Rilis Hasil Sensus Ekonomi

Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Subang saat ini tengah disibukan melakukan pengolahan data hasil sensus ekonomi yang diperoleh di lapangan pada bulan Mei 2016 lalu.   

Setelah data-data terkumpul, rencananya bulan Juni mendatang akan dilakukan pengolahaan data. Sehingga bulan Agustus hasil sensus ekonomi sudah bisa dirilis.  “Data tersebut akan dirilis nanti pada tanggal 17 Agustus,” Demikian yang dijelaskan  Kasi Statistik Distribusi BPS Subang, Agus Sahri.   

Menurut Agus tahap-tahapan yang dilakukan untuk menyukseskan sensus ekonomi 2016 ini, antara lain sosialisasi dilaksanakan pada akhir 2015, dilanjutkan dengan perekrutan tenaga lapangan, pengumpulan dan pengolahan data.   

Sensus ekonomi yang dilakukan di Kabupaten Subang ini melibatkan sebanyak 1.352 orang petugas lapangan yang telah dilatih sebelumnya. Meski sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, menurutnya, masih ditemui masyarakat yang tidak terbuka memberikan informasi. 

Kata Agus, terdapat beberapa warga yang merasa takut saat didatangi petugas. Kondisi ini berdampak tidak terbuka informasi yang disampaikan. 

Bahkan, tak sedikit warga menyangka petugas sensus sebagai petugas pajak. Kendati demikian, kata Agus, kendala tersebut dapat ditangani dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat mengenai pentingnya sensus ekonomi.   

Agus menjelaskan, sensus ekonomi bertujuan salah satunya untuk melihat potensi ekonomi di suatu daerah. Begitu keluar data bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat demi kesejahetaraan bersama. (pe )

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama