» » Tip Menghadapi Anak Pemalu

Umumnya orang tua khawatir dengan perkembangan anaknya yang pemalu. Sering kali sang anak menghindar berbicara dengan orang yang baru dikenalnya atau sulit mempunyai teman di sekolah.

Yang perlu disadari orang tua, pemalu adalah bagian dari kepribadian. Dan ini bukan perilaku negatif. Namun, jika seorang anak terlalu pemalu, perkembangan sosialnya dapat terhambat. Karena itu, orang tua perlu memberikan pendekatan khusus agar dia dapat lebih berani, tidak merasa sendirian, dan dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Berikut ini beberapa tip menghadapi anak pemalu seperti dilansir laman Boldsky.

Beri waktu : Anak pemalu membutuhkan waktu untuk memahami pikirannya dan menyesuaikan diri dengan orang dan lingkungan baru.

Bangun rasa percaya dirinya : Hargai setiap kerja kerasnya agar ia merasa dicintai. Tingkat percaya diri yang rendah sering menyebabkan anak menjadi pemalu.

Ajari anak cara bersosialisasi  : Ajarkan anak bagaimana berinteraksi dengan teman sebayanya dan berikan saran bagaimana cara menyesuaikan diri dengan orang baru dan berteman.

Jangan memaksa  : Jangan memaksa anak berubah dengan cepat. Jika terlalu memaksanya, anak malah akan menarik diri.

Jangan meminta anak melakukan hal yang kurang nyaman untuknya : Misalnya meminta anak pemalu bernyanyi atau menari di depan umum, padahal anak merasa tidak nyaman. Hal ini dapat membuat anak tertekan dan cemas.

Undang teman sebaya  : Buat kelompok bermain atau kelompok belajar di rumah. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman berinteraksi dengan orang di rumah sendiri.

- Beri tahu anak tidak ada yang salah dengan merasa malu : Terkadang orang dewasa juga merasa malu dan hal ini bukan suatu kesalahan. ( BOLDSKY)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama