PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Api PON Melintas ke Subang

Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) akan melaksanakan kegiatan Kirab Api PON, sebagai pertanda pelaksanaan PON segera dimulai. Panitia Sub PB PON Kabupaten Subang, menggelar rapat koordinasi untuk menyambut Kirab Api PON XIX.
 
Kepala Dinas Budparpora Kabupaten Subang, Hidayat mengatakan, Kirab Api PON merupakan upaya untuk membagikan kehangatan peristiwa akbar olahraga ke seluruh pelosok Jawa Barat. “Kabupaten Subang pun akan disinggahi Kirab Api PON, pada tanggal 9 September 2016, pada pukul 15.00 WIB,” jelasnya. Kirab Api PON, kata Hidayat, sesuai instruksi PB P 

ON harus dimeriahkan dengan ciri khas daerah masing-masing. Kegiatan kirab api PON keliling 27 kabupaten/kota itu diharapkan dapat menjadi sosialisasi juga bagi masyarakat. 

“Adanya kirab api PON diharapkan ada kehangatan, kirab api PON itu tidak hanya dirasakan di Bandung saja, tapi seluruh daerah di Jabar pun bisa merasakan kemeriahannya,” katanya.

Kirab Api PON ditandai pengambilan api untuk obor PON XIX Jawa Barat dari kawasan Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu. Usai mengambil api di Pertamina Balongan yang disebut-sebut memiliki sumber api abadi, obor PON selanjutnya akan dibawa berkeliling 27 kabupaten/kota di Jabar. Di setiap daerah, obor PON akan diarak keliling kota oleh para atlet yang ditunjuk, legenda olahraga Jabar serta sejumlah tokoh asal Jawa Barat.

“Selain atlet, nanti akan dilibatkan para atlet legendaris,” tambahnya.

Rute Kirab Api PON XIX 2016 akan berlangsung 5-17 September 2016 sudah final dan tidak ada perubahan lagi. Kirab api PON XIX ini akan melalui 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat dengan total jarak sekitar 1.005,4 kilometer.

Prosesi pengambilan Api PON ini akan dimulai dari sumber api abadi di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, Api PON kemudian diarak sejauh 11 kilometer menuju pendopo Kabupaten Indramayu. Dari Kabupaten Indramayu, Senin tanggal 5 September, Api PON akan dibawa dan singgah di Kabupaten Cirebon (kantor bupati) lalu Kota Cirebon (balai kota). Di kota udang, Api PON akan disemayamkan selama satu hari.

Pada Selasa 6 September, kirab akan diberangkatkan ke Kabupaten Kuningan (pendopo), Kabupaten Majalengka (pendopo) dan disemayamkan di Kabupaten Ciamis (pendopo). Esoknya Rabu 7 September, Api PON akan dikirabkan menuju Kabupaten Banjar (pendopo) dan kembali disemayamkan di kabupaten termuda di Jawa Barat yaitu Kabupaten Pangandaran (pendopo).

Kamis 8 September, iring-iringan obor api multievent olahraga terbesar di Indonesia itu menuju Kota Tasikmalaya (alun-alun), Kabupaten Tasikmalaya (kantor bupati) dan singgah di Kabupaten Garut (pendopo). Di kota dodol ini, Api PON diinapkan.

Kabupaten Sumedang (kantor bupati) dan Kabupaten Subang (alun-alun) mendapat giliran dilalui parade pada Jumat 9 September, sebelum Api PON singgah semalam di Kabupaten Purwakarta (alun-alun). Sabtu 10 September, kirab berlanjut menuju Kabupaten Karawang (Lapangan Karang Pawitan), lalu singgah di Kabupaten Bekasi (kantor Kecamatan Karawang Timur) dan terakhir Kota Bekasi (balai kota) dan Api PON disemayamkan hingga 12 September.

Depok (balai kota) menjadi kota pertama yang menyambut parade pada Selasa 13 September sebelum Api PON menuju Kabupaten Bogor (kantor bupati) dan disemayamkan di Kota Bogor (balai kota). Selanjutnya Rabu 14 September, Api PON melintasi Kabupaten Sukabumi (alun-alun) dan Kota Sukabumi (Lapangan Merdeka) sebelum singgah semalam di Kabupaten Cianjur (pendopo). Tiga wilayah metro Bandung giliran disambangi kirab pada Kamis 15 September. Api PON akan melalui Kabupaten Bandung Barat (kantor bupati), Kota Cimahi (pendopo) dan Kabupaten Bandung (Lapangan Upakarti).

Jumat 16 September, Api PON akan diarak menuju Balai Kota Bandung. Hari itu juga iring-iringan langsung menuju Gedung Sate. Di pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat ini Api PON disemayamkan untuk kali terakhir. Esoknya, Sabtu 17 September, Kirab Api PON diberangkatkan menuju tempat upacara pembukaan PON XIX/2016 Jawa Barat yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api.(pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama