PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Desa Mekarsari Bangun Jalan Hot Mix

Pemerintah Desa Mekarsari mengalokasikan anggaran dana desa dengan membangun jalan hot mix sepanjang 1.650 meter, yang berlokasi di dua dusun, yaitu Tegal Waru dan Duwet.
Kepala Desa (Kades) Mekarsari, Ade Asma Winata mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus membangun infrastruktur desa. Untuk tahap pertama, alokasi dana desa diperuntukan untuk membangun jalan hot mix sebagai upaya menunjang aktivitas masyarakat dan penghubung jalan antar kampung.
 
Meski saat ini anggaran desa begitu besar, namun pihaknya meminta kepada masyarakat berperan pro aktif mendukung pelaksanaan pekerjaan itu. Sebab menurutnya, salah satu indikator keberhasilan pembangunan desa adalah meningkatnya pemberdayaan masyarakat.

Selain itu peran pemuda dalam membangun desa juga penting, untuk merubah paradigma, pemuda juga harus tampil mempersiapkan diri untuk menjadi penerus kepemimpinan dan pelaku pembangunan di masa depan.

Sementara sinergitas dengan lembaga desa lainnya, seperti LPM dan BPD, saat ini merencanakan kegiatan pembangunan bersama masyarakat.

Selain jalan hot mix desa, Pemdes Mekarsari juga membangun jembatan yang berlokasi di Dusun Duwet. Alasannya, akses jalan pertanian di wilayah itu begitu penting guna mendukung perekonomian desa berbasis pertanian.

Pendamping Desa Mekarsari Kecamatan Cikaum, Saemuhamad menuturkan, konsep desa membangun dengan keterlibatan masyarakat, desa sebagai subjek pembangunan bukan sebagai objek, dimana perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan pemerintah desa lah yang mengaturnya.

“Artinya desa kini sudah punya otoritas sendiri, membangun desa melalui pemberdayaan masyarakat,”

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama