PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Kabupaten Subang termasuk endemis kusta kategori tinggi


Kabupaten Subang termasuk endemis kusta kategori tinggi, menempati posisi empat di Jawa Barat. Setiap tahunnya rata-rata ditemukan 150 penderita kusta baru. 

Dari jumlah tersebut 10-11 persen di antaranya sudah dalam keadaan cacat tingkat 2. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang di sela-sela sosialisasi pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan penyakit kusta di Kabupaten Subang, Jumat 5 Agustus 2016. Kesadaran masyarakat terhadap penyakit kusta masih sangat rendah. 

Menurut Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan penyakit dan penyehatan lingjkungan (P3PL) DR. Maxi  Menjelaskan hal ini diperlihatkan dengan jumlah temuan kasus penyakit kusta setiap tahunnya berkisar antara antara 150 sampai 180 kasus baru. angka temuan mengalami flutuatif setiap tahunnya.

Hal ini disebabkan penyakit kusta masih mendapat stigma atau citra buruk di kalangan masyarakat. 

Padahal secara teori ilmiah penyakit kusta penularannya relatif rendah dibandingkan penyakit menular lainnya. Apalagi dengan teknologi kedokteran modern sudah bisa disembuhkan secara total.   

Oleh karena itu perlu sosialisasi yang baik dan tepat kepada masyarakat supaya mereka bersedia memeriksakan diri ke Puskesmas apabila menemukan bercak-bercak di tubuh guna mendapatkan pengobatan lebih dini dengan tingkat kesembuhan lebih sempurna.   

Menurut Maxi sosialisasi yang baik bisa mengurangi citra buruk penyandang kusta sekaligus memberikan kesadaran pada masyarakat untuk mengetahui gejalanya lebih dini.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama