PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Pemkab Dorong Peningkatan Produksi Padi

Plt Bupati Subang, Hj Imas Aryumningsih mengatakan, selain rencana pembangunan Pelabuhan Patimban, tak kalah penting adalah pembangunan sodetan dan Bendung Sadawarna.

Untuk Sodetan dan Bendung Sadarwarna, dirinya terus mendorong pemerintah pusat agar segera dirancang. Ia yakin pembangunan tersebut dampaknya akan sangat membantu program ketahanan pangan nasional jangka panjang.

“Ketersediaan pangan ini kan penting. Subang saat ini lumbung padi Jabar ketiga. Kalau bendung Sadawarna terealisasi, manfaatnya akan besar sekali guna mendorong produksi padi Subang di Jabar dan Nasional,” 

 Saat ini, lanjut Imas, ada sekitar 17.000 hektare area sawah yang bersifat tadah hujan, seperti di Kecamatan Cipunagara, Cibogo dan sebagian wilayah Pagaden.

“Jadi keberadaan Bendung Sadawarna itu cukup strategis di masa depan. Bukan hanya untuk pertanian, perikanan dan tenaga listrik menengah juga mungkin bisa dibangun,” 

Terkait lahan peruntukan bendungan itu, Imas menyatakan pihak pemda tengah mendata berapa tanah yang akan dibebaskan nanti. Namun menurutnya, kebanyakan tanah disana adalah tanah Perhutani.

“Luas lahan bendungan yang disiapkan sekitar 500 hektaran,” tandas Imas.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Ir Endang Sutarsa menuturkan, setiap tahun target produksi padi Subang selalu tercapai.

Apalagi nanti jika Bendung Sadawarna dibangun diyakini akan bisa meningkat target produksi padi sekitar 30 %, dari target 1,4 juta ton saat ini.

“Air merupakan kebutuhan pokok petani dan pertanian. Bila tercukupi produksi padi Subang, bisa surplus dan tentu akan membantu program ketahanan pangan nasional,” pungkasnya.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama