PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Penyegaran Jabatan untuk Revitalisasi

Banyaknya kekosongan dalam Organisasi Perangkat daerah di Kabupaten Subang membuat kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang melambat. Terlebih beberapa diantaranya yang non-aktif akibat terkait masalah hukum.
Menurut Akademisi Universitas Subang, Drs. Deddy As-Shidik, M.Si, harus segera dilakukan pengisian supaya tercipta kinerja pemerintahan yang solid dan kuat dalam mendukung tugas-tugas pemerintahan. Terutama dinas/badan yang berkenaan dengan pelayanan publik secara langsung.
Melambatnya pemerintahan, lanjut Deddy cenderung ragu-ragu dan terlihat serba salah untuk melangkah.
Apabila dibiarkan, lanjut Deddy, permasalahan akan menumpuk dan beban akan ditimakan kepada Plt Bupati. Sehingga dianggap tidak bisa menyelesaikannya. Penyehatan organisasi dilakukan langkah-langkah iklim organisasi yang sehat yang siap mendukung tugas-tugas Plt Bupati yang permasalahannya sangat komplek.
Deddy menyebutkan dinas atau instansi yang melambat ialah yang berkaitan dengan pemeriksaan maslah hukum saja.
Masalah ini harus segera diselesaikan untuk mengembalikan moral kerja aparatur dengan melakukan pendekatan secara intensif memberikan semangat supaya dalam mengerjakan tugas tidak dalam keadaan tertekan.
Langkah selanjutnya kemudian melakukan revitalisasi memberikan semangat dan membangun komunikasi organisasi yang baik. Nanti kalau dilihat melakukan langkah meningkatkan iklim organisasi dan kemudian melakukan rotasi dalam rangka penyegaran.
Deddy melihat tugas yang diemban oleh Plt Bupati Subang saat ini cukup berat. Ditengah kepercayaan masyarakat kepada Pemkab Subang sedang menurun.
Namun disisi lain kepercayaan kepada Plt Bupati masih tinggi, kata Deddy selama menjadi Wakil Bupati bekerja taat azas.
 
Kembalikan Fungsi Baperjakat
Urgensi pengisian jabatan kosong juga diutarakan Sekertaris Jenderal DPP Lembaga Pemantau Penegakan Hukum dan Pembangunan (LP2HP), Asep Nurjamil Ahmad, yang menilai kinerja pemerintahan melambat.
Asep mengapresiasi niat Plt Bupati yang ingin mengikis fenomena "jual-beli" jabatan dengan mengembalikan fungsi Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)
Dia melihat instansi yang melambat yang behubungan dengan perijinan seperti BPMP dan Dinas Kesehatan.
"Sebab (jual-beli jabatan) suatu hal yang tidak etis. Karena mengabaikan peran Baperjakat," tegasnya.
Untuk itu kata Asep, Plt Bupati harus memiliki keberanian melawan praktek "jual-beli" jabatan yang sudah "mengakar".
"itu tinggal keberanian Plt (Bupati) untuk melawannya," tukasnya.
Dia berharap Plt Bupati Subang bisa mengikuti jejak figur-figur pemberani di daerah lain seperti Walikota Surabaya.
"Harus bisa seperti figur-figur yang sudah mampu bekerja dengan baik. Kenapa Subang tidak bisa? Di Surabaya (Walikota) Risma bisa. Kenapa Subang tidak bisa? Saya sangat optimis Bupati Subang bisa," (Reptr Jabar)
 
   

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama