PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » DAK Pendidikan Menurun, Disdik Hanya Terima Rp8,3 Miliar

Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk pendidikan di Kabupaten Subang tahun ini sebesar Rp8,3 miliar. Dana tersebut digunakan untuk perbaikan sarana dan prasarana sejumlah Sekolah Dasar (SD).
 
Dibandingkan tahun lalu, ada penurunan besaran dana. Tahun 2015 jumlah DAK untuk pendidikan yang digelontorkan pusat ke Subang sebesar Rp40 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, Drs H Kusdinar MPd mengatakan, adanya penurunan jumlah DAK pendidikan yang diterima oleh Subang dikarenakan penerimanya hanya sekolah dasar saja. Sementara tahun sebelumnya, mulai dari tingkat SD hingga SMA mendapatkan DAK. Menurunnya DAK yang diterima tahun ini, kata dia, bukan karena faktor penggunaan dan pelaporan dana tahun sebelumnya yang kurang maksimal. Melainkan karena adanya penyempitan alokasi yang hanya diperuntukan bagi SD saja. 
 
Bisa jadi sedikitinya pusat mengeluarkan DAK pendidikan untuk Subang dikarenakan melihat kondisi sarana dan prasarana sekolahan di Subang yang sudah cukup maksimal. Sehingga prioritas untuk daerah lain yang memang lebih membutuhkan.

Menurutnya, besar kecilnya dana yang diberikan yang terpenting bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan sekolah. Penggunaan DAK itu, dia tegaskan agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Dewan Pendidikan Kabupaten Subang mempertanyakan adanya penurunan DAK pendidikan yang diterima oleh Subang tahun ini. Dewan Pendidikan menganggap, menurunnya jumlah dana yang diterima oleh Subang dikarenakan penggunaan dan pelaporan tahun sebelumnya kurang maksimal.

“Besaran dana yang diterima tahun ini berarti atas dasar penggunaan dan pelaporan tahun sebelumnya. Kalau sekarang DAK itu sedikit, berarti kita perlu pertanyakan kinerja tahun sebelumnya,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Subang, Drs Abdul Kodir MPd I.

Pihaknya berharap, tahun depan DAK pendidikan untuk Subang bisa lebih besar lagi.
Dewan Pendidikan sendiri akan melakukan pengawasan terhadap penggunaan DAK tersebut.  (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama