» » Banyak Nelayan Pilih Menganggur

Suasana di TPI Blanakan Kab.Subang
Cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir, mengakibatkan ketinggian ombak di pesisir pantai utara (pantura) Kabupaten Subang mengancam keselamatan para nelayan. Akibatnya, tak sedikit nelayan enggan melaut dan memilih bertahan di rumah masing-masing.

Nelayan asal Blanakan, Warji (34) mengatakan, cuaca buruk yang terjadi saat ini menyebabkan ia dan sejumlah nelayan lainnya tak berani melakukan perjalanan jauh untuk melaut. Meski berani, jarak yang ditempuh pun tak begitu jauh dari bibir pantai.

Nelayan lainnya, Rohmat (40) mengatakan, jika cuaca buruk, para nelayan memilik menganggur di rumah. Sesekali mereka menangkap ikan di sungai dekat pemukiman. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Bahkan tak jarang para nelayan melakukan pinjaman kepada tengkulak untuk memenuhi kebutuhan sehari–hari selama tidak melaut.
 
Hingga saat ini, kata Rohmat, para nelayan masih menunggu cuaca membaik. Mereka tak mau mengambil resiko dengan memaksakan untuk melaut. Ia berharap, cuaca segera membaik agar bisa mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Para nelayan juga berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk meringankan beban mereka.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama