» » Kenali Gejala Leukimia pada Wanita Sedini Mungkin

BEBERAPA gejala dari kanker darah atau leukemia terkadang tidak jelas dan spesifik. Jika Anda seorang wanita dan kadar sel darah putih tinggi, maka harus segera mencari bantuan medis.

Wanita harus menyadari gejala-gejala samar pada tubuh mereka yang menunjukkan pertumbuhan sel tidak normal. Berikut adalah gejala-gejala leukimia pada wanita yang dilansir dari laman Buzzle:

Batuk kronis
Salah satu gejala awal leukimia pada wanita adalah batuk kronis atau nyeri dada. Anda harus berhati-hati terhadap batuk persisten atau siklus berulang batuk tanpa alasan yang jelas. Waspadai juga jika sering mengalami sakit yang menjalar dari dada ke bawah menuju lengan atau bahu, segera kunjungi dokter untuk check up. Batuk kronis atau bronkitis dapat menjadi gejala kanker jaringan pembentuk darah atau kanker paru-paru juga.

Sering infeksi
Apakah Anda sering jatuh sakit dan mengalami demam berulang? Jika iya, ini bisa menjadi gejala kanker sel darah abnormal yang tidak dapat melawan infeksi, sehingga rentan terhadap infeksi. Jika Anda sering mengeluh demam, pegal-pegal, gejala seperti flu, cepat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Kelenjar getah bening bengkak
Leukimia adalah kanker dari sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Seorang wanita yang dipengaruhi oleh kondisi ini mungkin menderita pembesaran kelenjar getah bening atau bengkak di leher dan ketiak. Biasanya memang tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi, jika pembengkakan berlanjut selama lebih dari 6 minggu, kunjungi dokter sesegera mungkin.

Memar tanpa sebab
Jika Anda mengamati tanda hitam dan biru tanpa sebab, mungkin ada yang salah dengan trombosit dan sel darah merah. Jika Anda juga mudah memar di tempat-tempat aneh seperti jari dan tangan, segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Pendarahan yang berlebihan
Perdarahan yang tidak bisa dan berlebihan pada gusi dan aliran darah menstruasi sangat deras, mungkin bisa menjadi gejala leukimia. Ini artinya sel-sel leukemia, sel darah merah dan trombosit meningkat sangat cepat sampai jumlahnya tidak terhitung. Hal ini akan mengurangi kemampuan darah untuk membeku, bahkan dalam membawa oksigen.
Petekia
Pengembangkan petekia, yaitu bintik-bintik merah atau ungu pada wajah, leher dan dada bisa menjadi gejala leukimia pada wanita. Anda harus segera memeriksakannya ke dokter jika mengalami gejala tersebut.

Sering merasa lelah
Apakah Anda merasa lelah, bahkan setelah tidur malam berkualitas? Jika iya, perlu diketahui, sering merasa sangat lelah bisa menjadi gejala leukimia. Jika sudah istirahat yang cukup tapi masih sangat merasa lelah, segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sakit perut
Sel-sel darah putih yang abnormal dapat menyebabkan limpa membesar. Pada akhirnya dapat menyebabkan sakit perut dan nyeri panggul. Sering merasakan nyeri panggul bisa menjadi gejala sejumlah kanker selain leukimia, di antaranya kanker ovarium dan fibroid. Segera periksakan masalah nyeri panggul dan perut Anda, karena bisa menjadi salah satu gejala beberapa jenis kanker.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama