» » Kenapa superhero kolornya diluar? Ini penjelasannya

Siapa superhero favoritmu? Superman? Batman? Tahukah kamu apa persamaan dari superhero-superhero dunia barat? Yap, mereka semua pada pakai kolor diluar.
See? Dalam komik, kita melihat kostum tersebut cenderung keren. Namun ketika dibawa ke layar lebar, entah kenapa justru kostum yang diaplikasi secara mentah malah tampak konyol dan pastinya jadi bahan olok-olok.

Lantas, kenapa bisa seperti itu? Belum ada penelitian yang pasti sih, tapi mungkin hal ini ada kaitannya dengan persepsi. Dalam komik, ada beberapa aspek yang tentunya sangat sulit untuk diaplikasikan ke dunia nyata, contohnya seperti kostum dengan otot super berlekuk yang terlihat jelas, tentunya jika dipaksakan masuk ke film, hasilnya bakal enggak banget, ingat Batman versinya George Clooney?

Nah, kembali lagi ke soal 'kolor diluar' tersebut. Selain memang kelihatan enggak banget jika diaplikasikan ke film, kenapa sih kreator superhero menambahkan celana diluar?

Julius Schwartz, editor DC Comics dari tahun 1944-1986 mengungkapkan alasannya. Dirinya adalah editor dari salah satu karakter superhero terkenal sepanjang masa, Superman.

Ternyata, yang dipakai para superhero tersebut bukanlah kolor, melainkan celana tinggi. Model celana tersebut berasal dari penampil sirkus dan juga pegulat pada era sebelum 90-an. Lantas, apa filosofi di balik hal tersebut?

Pada awal pembuatannya, superhero adalah orang-orang yang diberi bakat khusus, sehingga mereka kuat, bisa melakukan banyak hal, serta lincah dan energik. Deskripsi tersebut kira-kira mirip dengan siapa? Ya, penampil sirkus dan pegulat.

Dari situlah, 'kolor' tersebut akhirnya diadopsi untuk semua karakter superhero yang lahir pada era 30 hingga 80-an. Karena sudah terbiasa melihat superhero dengan 'kolor' tersebut dalam komik, lama kelamaan kita pun juga menganggapnya wajar. 

So, kamu udah tahu kan sekarang darimana asal-usul 'kolor' dari para superhero ini?


About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama