» » Manfaat Menyiapkan Kotak Makan Siang Si Kecil

Penjaja makanan kecil di sekitar lingkungan pendidikan paling dini semakin banyak dijumpai. Keberadaan mereka untuk mencari penghasilan terkadang dibarengi dengan oknum produsen yang mencampurkan bahan berbahaya ke dalam jajanan agar bertahan lama untuk mengurangi kerugian. Misalnya saja boraks, formalin, dan pewarna tekstil. 
 
Membiasakan anak membawa bekal dari rumah adalah salah satu pertahanan yang bisa dilakukan orangtua seiring memberi penjelasan bahan makanan berbahaya sejak dini. Selain itu, membawa bekal juga memiliki manfaat baik seperti berikut ini.

Menghindari Jajanan Sembarangan
Di lingkungan sekolah, banyak pedagang yang menjajakan berbagai makanan atau camilan bagi anak-anak. Sayangnya, tidak semua makanan tersebut baik bagi kesehatan si kecil, karena dapat mengandung zat berbahaya, seperti pewarna maupun pengawet makanan, serta kebersihannya yang tidak terjamin. Untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan, terutama yang menyerang saluran pencernaan, bekali anak dengan kotak makan siang agar tidak jajan sembarangan.

Memberi Pilihan Pada Si Kecil
Menyiapkan bekal makan siang mau tidak mau mendorong munculnya kreativitas Ladies, supaya si kecil tertarik dan mau menyantapnya. Sebelum menyiapkan kotak makan siang, terlebih dahulu tanyakan jenis makanan yang ingin dimakan saat jam istrahat. Selain mencegah makanan terbuang percuma, anak juga terlatih menyuarakan pendapatnya karena merasa dihargai.

Kegiatan menyiapkan bekal makan siang yang dilakukan bersama-sama, juga dapat meningkatkan kekompakan dan kedekatan dengan si kecil lho. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengajarkan tentang pentingnya nutrisi bagi tubuh dan melatih kecerdasannya, misalnya dengan menyebutkan warna atau nama makanan yang ada di kotak makan siangnya.

Mengawasi Asupan Makanan
Aktivitas si kecil yang cukup padat membutuhkan asupan makanan yang cukup dan kaya gizi. Dengan mempersiapkan bekal makan siang, Ladies dapat menakar jumlah nutrisi yang diperlukan anak agar dapat tumbuh dengan optimal. 

Selain makanan seperti nasi, roti, atau mie, kamu juga bisa membekali si kecil dengan kudapan sehat.
Mulai dari sayuran, buah-buahan, biskuit gandum, dan susu pertumbuhan anak dengan nutrisi penting untuk perlindungan, perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya. Bekal susu yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna, membantu proses belajarnya dan tumbuh kembangnya lebih optimal.

Menghemat Waktu dan Biaya
Mempersiapkan makanan yang akan dibwa oleh si kecil dapat menghemat waktu dan biaya lho Ladies. Kini, si kecil tidak perlu membawa terlalu banyak uang, yang justru dapat mendorongnya untuk jajan sembarangan. Selain itu, anak juga dapat menyantap makanannya saat jam istirahat tiba, tanpa harus mengantri untuk membeli makanan. Jadi setelah makan, ia masih bisa memanfaatkan sisa waktu untuk beristirahat atau bermain bersama teman-temannya.

Ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari mempersiapkan bekal makan siang bagi si kecil. Yuk jaga kesehatan dan dukung tumbuh kembangnya, dengan berusaha memberikan bekal makan siang bagi kecukupan gizinya setiap hari.(vml)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama