» » Moms, Izinkan Anak Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mencuci piring, dan mengelap kaca sebaiknya diajarkan pada anak sejak dini. Bukan bermaksud untuk membuat susah anak atau membuatnya menderita. Tapi ada nilai-nilai penting yang bisa diajarkan pada anak dengan memberi mereka tanggung jawab melakukan pekerjaan rumah tangga.
 
Tentu saja sebagai orang tua kita juga perlu memberi pengawasan dan arahan saat anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Misalnya saat memberi mereka tugas mencuci piring. Kita perlu mengarahkannya agar hati-hati supaya piring tidak jatuh dan pecah. Dengan arahan yang benar, anak akan belajar banyak dari tugas mereka melakukan pekerjaan rumah tangga.
  • Membuat Anak Lebih Percaya Diri dan Mandiri

    Sebagai contoh meminta anak untuk membantu menyiapkan makan malam. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, hal ini bisa melatih kemampuan motorik kasarnya sekaligus membuat anak merasa lebih percaya diri dan mandiri. Kemampuan mental anak bisa berkembang dengan lebih baik saat ia diberi tugas dan mampu menyelesaikannya dengan baik. Saat anak berhasil mengerjakan sebuah tugas, ia akan mendapat kepuasan tersendiri dan akhirnya ia merasa kalau dirinya sebenarnya punya kemampuan untuk bisa lebih mandiri.
  • Melatih Tanggung Jawab pada Anak

    Cara terbaik untuk membantu mempersiapkan anak menghadapi dunia nyata adalah mengajarkan padanya bahwa tak semua yang mereka inginkan bisa terwujud. Ada hal-hal yang mungkin tak mereka sukai tapi penting dan perlu sekali dilakukan. Saat meminta anak menyapu misalnya, ia mungkin menolak dan ogah-ogahan. Tapi dengan memberi pengertian akan pentingnya menyapu untuk membuat rumah bersih, anak akan mengerti arti tanggung jawab. Anak jadi lebih memahami arti tanggung jawab dan dia bisa lebih dewasa dalam melakukan semua kewajibannya di masa yang akan datang.
  • Membantu Perkembangan Otak Anak

    Dalam buku The Well Balanced Child: Movement and Early Learning, disebutkan bahwa pekerjaan yang melibatkan gerakan tubuh bisa membantu perkembangan otak dan juga meningkatkan kemampuan membaca serta menulis. Jadi dengan meminta anak melakukan kegiatan menyapu, membersihkan rumah, mengelap kaca, atau mencuci piring yang melibatkan gerakan tubuh yang aktif, maka secara tidak langsung kita membantu anak untuk bisa memiliki perkembangan otak yang lebih baik.
Kita juga perlu selalu memberi pengawasan dan pengarahan pada anak saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Sesuaikan dengan kemampuannya, ya. Sebisa mungkin juga bikin kegiatan ini menyenangkan atau beri hadiah ketika anak selesai melakukan sebuah pekerjaan. (vml)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama