» » Rembug Tani Satukan Jadwal Tanam

Untuk menyeragamkan jadwal tanam dan pola tanam, Gapoktan Desa Kediri bersama PPL BP3K Kecamatan Binong melaksanakan kegiatan rembug tani. 

Menurut Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Kediri, Anwarudin saat menyampaikan arahannya, rembug tani bertujuan menentukan jadwal pengairan sawah oleh Mitra Cai, pengolahan tanah, varietas benih, jadwal tabur benih, gropyokan tikus, tandur, pemeliharaan hingga panen.

Satu hal yang tak kalah penting adalah pemupukan yang berimbang dimana komposisinya yaitu pupuk organik 500 kg, Phonska 300 kg dan Urea 200 kg. Dengan pola pemupukan berimbang maka diharapkan tumbuh kembang tanaman padi akan maksimal untuk menghasilkan produksi yang tinggi dan berkualitas.

Petani juga dihimbau untuk lebih intensif memantau perkembangan padi untuk mengantisipasi dan memudahkan pengendalian hama dan penyakit, seperti ulat, wereng, blast, dan kresek. Pengendalian penyakit juga bisa dilakukan saat merendam benih sebelum ditabur dengan obat tertentu.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Subur Desa Kediri, Kaswan mengatakan hasil produksi padi di daerahnya masih cukup stabil, sekitar 7 ton/ha.

 Selain itu, Mitra Cai Desa Kediri, Sakim menuturkan suplay air untuk area sawah yang luasnya sekitar 300 ha alirannya cukup lancar dan terjadwal. Pasokan air berasal dari Tarum Timur dan Bendung Macan. Dari 300 ha terbagi menjadi tiga Blok area yaitu blok sawah Selang, Kediri dan Kasur.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama