» » Si Kecil Nggak Bandel Tapi Punya Bakat Terpendam, Cek Tandanya

Punya balita berusia 2-4 tahun yang memiliki perilaku atau pencapaian yang berbeda dari teman-teman seusianya yang lain? Mungkin dia lebih aktif dari teman sebayanya. Atau dia punya rasa ingin tahu yang begitu tinggi sampai sering merepotkan orang lain. Sebelum melabelinya sebagai anak bandel, coba telusuri lebih jauh, bisa jadi ia memiliki bakat terpendam.

Anak yang berbakat itu bukan yang cuma punya IQ tinggi. Seperti yang dilansir oleh babycenter.com, menurut National Association for Gifted Children, anak yang berbakat itu memiliki kemampuan lebih dalam memaknai sesuatu dan mempelajari sebuah hal. Anak berbakat itu biasanya mempunyai suatu kemampuan yang paling dominan. Umumnya ada satu bidang yang bisa ia kuasai dengan baik, entah itu di bidang sains, matematika, musik, bahasa, seni, atau olahraga. 

Secara umum, anak yang berbakat itu memiliki 10 tanda ini:

1. Memiliki kemampuan istimewa yang berbeda dari teman sebaya atau seusianya.
2. Tahap perkembangannya lebih cepat dibanding anak seusianya.
3. Memiliki kemampuan bahasa yang sangat baik, seperti mampu menyerap kosakata kompleks atau bisa merangkai kalimat dengan mudah.
4. Selalu ingin tahu dan banyak tanya.
5. Terkenal aktif (tapi bukan hiperaktif).
6. Dapat konsentrasi melakukan sesuatu dalam waktu lama.
7. Selalu mengeksplorasi sesuatu yang disukainya dengan lebih dalam.
8. Suka diberi tantangan.
9. Memiliki imajinasi yang kuat. Anak berbakat biasanya menciptakan teman-teman imajinasinya sendiri.
10. Bisa mengingat sesuatu dengan cepat dari yang ia lihat atau dengar.
Akan selalu ada hal-hal baru yang harus kita pelajari untuk bisa memberikan yang terbaik untuk anak. Sebaiknya memang kita tetap berpikir positif dengan sikap dan tingkah laku anak yang mungkin berbeda dari anak seusianya yang lain.

Satu hal lagi yang perlu dipahami kita sebagai orang tua adalah bahwa anak berbakat itu sering merasa berbeda. Akhirnya, ia malah minder dan menjauh dari lingkungan sekitarnya. Kita perlu selalu mengikuti perkembangannya dan mengarahkannya dengan baik. Jangan sampai kita lepas tangan begitu saja, ya Moms.
(vml)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama