» » Subang Jadi Pilot Project SPR Nasional

Sejak awal tahun 2016, sudah menjadi Sentra Sapi Potong Rakyat (SPR), dengan Kawasan SPR Tanungsiang-Kasomalang-Cilsak, dan Kawasan SPR Cipunagara-Cibogo. Terkait hal itu, maka Kabupaten Subang saat ini menjadi pilot projek kawasan peternakan sapi potong. Selain sudah bisa memenuhi kebutuhan sendiri, di Kabupaten Subang, juga diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan sapi potong di Jawa Barat dan Nasional.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Subang, Rachmat Faturrohman mengungkapkan, pertimbang Subang menjadi pilot projek itu seperti perkembangan populasi sapi potong di Subang terus berkembang setiap tahunnya. Selain itu di Subang juga sudah ada dua sentra peternakan rakyat, ditambah peternakan masyarakat diluar SPR. 
 
Dikatakannya, keberadaan dua SPR yang dilaunching awal tahun 2016 diharapkan Subang menjadi kabupaten penunjang daging sapi di Jawa Barat dan Nasional.
 
Dua SPR di Subang tersebut lanjut Rachmat, yaitu Kasaliang meliputi wilayah Kasomalang, Cisalak, Tanjungsiang. Kemudian SPR Cinagara Bogo meliputi wilayah Cipunagara dan Cibogo. 
 
Menurutnya, penunjukan dua SPR di Subang tidak begitu saja, tetapi sudah melalui proses dan memenuhi beberapa kriteria, di antaranya memiliki minimal seribu sapi betina produktif dan 100 sapi jantan. Selain itu pelaksanaannya harus melibatkan perguruan tinggi sebagai pendamping. 
 
Dijelaskannya, cikal bakal SPR yaitu bagian dari kebiasaan masyarakat terutama peternak dalam bekerjasama memelihara hewan ternak. 
 
"Sesuai dengan konsep Ecogreen Jawa Barat, SPR ini untuk menumbuhkan kembali peternakan terutama Kabupaten Subang, selama ini Jabar masih kekurangan daging sapi, tetapi kabupaten Subang sekarang sudah mampu mengurangi kekurangan tersebut,"  (rri)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama