PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Dorong Harmonisasi di Pemerintah Desa

Pemerintah Kabupaten Subang melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penyelenggaraan Pemerintahan terhadap desa-desa di empat kecamatan, yang diselenggarakan di Desa Bojong Tengah, Kecamatan Pusakajaya, Selasa (8/11).

Dalam kesempatan itu, hadir seluruh Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari empat Kecamatan. Adapun empat kecamatan tersebut diantaranya, Kecamatan Pusakanagara, Pusakajaya, Compreng, dan Kecamatan Cipunagara.

Plt Bupati Subang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Monev ini bertujuan untuk melaksanakan tertib administrasi dan harmonisasi, khususnya di tingkat desa.

“Harmonisasi, misalnya hubungan antara Kepala Desa dengan BPD, Kepala Desa dengan Sekdes, harus saling memahami, harus saling bekerjasama. Jika ada perbedaan diantara aparatur desa itu biasa, tapi perbedaan itu harus diselesaikan dengan baik,”  

Selanjutnya, kata Imas, monitoring dan evaluasi ini juga berkaitan dengan administrasi desa. Desa agar memahami Perpres atau aturan baru, jika ada pihak desa yang tidak faham agar segera mengkonsultasikan dengan Kecamatan, atau ke Bagian Hukum Pemda.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektorat Daerah (Irda) Subang, Drs. H. Ade Mulyawadi?, M.Si dalam dengar pendapat mengatakan dasar dari Monev ini adalah audit yang dilakukan di Desa. Sedangkan fokus dari audit tersebut terhadap tiga hal.

Sedangkan yang diaudit papar Ade, diantaranya adalah perencanaan pembangunan yang harus mengacu pada renstra, yang juga mengacu pada program Gapura.

Selain itu, dikatakan Ade, Pembangunan di desa, selain harus sesuai renstra juga harus berdasarkan aspiratif, “Harus mendengarkan aspirasi masyarakat.

ementara itu, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Komir Bastaman mengimbau kepada masyarakat desa agar berkontribusi dalam pembangunan desa, terutama pada pemenuhan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Dikatakannya, dari Rp320 miliar anggaran di Subang, untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Subang itu hanya Rp200 miliar, sedangkan kebutuhan untuk pembangunan mencapai Rp2,7 triliun.(pe)
 

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama